Pelantikan Gibran Terancam Batal Besok, Ini Kata Ketua DPRD Kota Surakarta

Pelantikan Gibran Terancam Batal Besok, Ini Kata Ketua DPRD Kota Surakarta
BENTENGSUMBAR.COM - Hingga Selasa, 16 Februari 2021, DPRD Kota Surakarta belum mendapat kabar dari Depdagri soal pelantikan walikota terpilih. 


“Depdagri belum surati kami, ini tanda-tandanya pelantikan tak bisa dilakukan besok (17/2/2021),” kata Ketua DPRD Kota Surakarta, Budi Prasetyo kepada BentengSumbar.com melalui sambungan telepon, Selasa, 16 Februari 2021.


Perlu diketahui, beberapa waktu lalu, DPRD setempat berkirim surat ke Depdagri. Isi surat itu memohon waktu pelantikan tanggal 17 Pebruari. Hal ini berkaitan dengan masa bhakti walikota habis pada tanggal tersebut.


Pemerintah Kota (Pemkot) Solo selama sepekan ke depan akan dipimpin oleh Pelaksana Harian (PLH) Walikota. Pasalnya, sampai saat ini jadwal pelantikan Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka belum ditetapkan.


Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan, dengan berakhirnya masa jabatannya, pada 17 Februari 2021, maka secara otomatis kepemimpinan akan diambil alih PLH, yaitu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo. 


“Secara otomatis karena Surat Mendagri bunyinya seperti itu, Sekda sebagai PLH," jelasnya. 


Kemudian, ujarnya, jika selama satu pekan Walikota Solo terpilih belum juga dilantik, kepemimpinan akan dilanjutkan oleh Penjabat (PJ) Walikota Solo.


“Kalau seminggu belum ada kabar pelantikan Walikota terpilih, nanti dijadikan PJ dan akan dilantik. Kalau penunjukan PLH cukup dengan surat dari Mendagri melalui Gubernur, namun kalau PJ harus dilantik. Tergantung Mendagri dan Gubernur nanti mau dilantik kapan,” kata Rudy. 


Seperti diketahui, masa jabatanWalikota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo akan berakhir 17 Februari 2021. Mereka telah memimpin Kota Solo sejak tahun 2016.


Jadwal pelantikan Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka belum ditetapkan sampai saat ini. Gibran terpilih bersama berpasangannya, Wakil Walikota Solo terpilih, Teguh Prakosa setelah unggul dalam ajang Pilwakot Solo 2020.


(RS)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »