Polisi: Pendiri Pasar Muamalah Cari Untung 2,5% dari Menukar Dinar-Dirham

BENTENGSUMBAR.COM - Polisi menangkap pendiri pasar Muamalah Depok, Zaim Saidi (ZS). Pasalnya, Zaim menginisiasi penggunaan mata uang selain rupiah, yakni dinar dan dirham, dalam transaksi jual-beli.

Selain mengelola pasar Muamalah Depok, Zaim juga mengelola tukar-menukar orang yang hendak menukarkan rupiahnya ke dinar dan dirham. Dari situ, Zaim mencari keuntungan sebesar 2,5%.

"Jadi saudara ZS selain mengelola pasar, dia juga mengelola tukar menukar. Jadi orang yang mau belanja di pasar Muamalah, menukarkan uang rupiahnya dari rupiah menjadi dinar atau dirham. Nah di situlah dia mencari keuntungan dengan margin 2,5% dari nilai tersebut," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat ditemui di kantornya, Rabu, 3 Februari 2021.

Namun bagaimana dengan nasib warga yang menukarkan rupiahnya ke dinar dan dirham untuk transaksi di pasar Muamalah Depok?

"Kita lihat undang-undang, acuan kita undang-undang. Barang siapa membuat, kalau dia (penukar) kan menggunakan, gitu kan. Jadi dia menggunakan," terang Ramadhan.

Maka dari itu, warga yang menukarkan uangnya menjadi dirham dan dinar tidak bisa disebut sebagai pelaku maupun korban. Mereka tidak ikut membuat mata uang, melainkan hanya menggunakan karena sekadar menukar.

"Jadi dia tidak disebut pelaku, juga tidak disebut korban. Di sini barang siapa yang membuat gitu ya, bukan menggunakan. Jadi dia nggak korban, dia kan cuma nukar," jelasnya.

Bareskrim Polri sebelumnya menangkap pendiri pasar Muamalah Depok, Zaim Saidi. Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan pihaknya tengah menelusuri kemungkinan adanya pasar Muamalah di daerah lain.

"Sementara ini yang kita update adalah penyidikan terkait dengan penyidik dari Subdit 4 Ditipdeksus yang telah melakukan penangkapan terhadap ZS. Tentunya ini akan dikembangkan oleh penyidik. Tidak sampai di sini, penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus tentunya nanti akan mengembangkan kasus ini tentunya kalau ada di daerah-daerah lain," ujar Ramadhan dalam jumpa pers di kantor Humas Polri, Rabu, 3 Februari 2021.

Ramadhan mengatakan penyidik saat ini masih mendalami kasus pasar Muamalah yang terjadi di Depok. Polisi juga sudah menyita sejumlah barang bukti.

"Barang bukti sudah diamankan oleh pihak penyidik dan berupa koin. Koin itu ada koin dinar dan dirham. Sampai saat ini kita penyidik masih mendalami kasus yang di Depok, Jawa Barat," tuturnya.

Source: detikcom

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »