Opini

PARLEMEN

Sports

Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi dan Audy Joenaldy Sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Barat

          Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi dan Audy Joenaldy Sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Barat
Foto Ucapan Selamat. Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi dan Audy Joenaldy Sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Barat
BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) di Istana Negara, Kamis, 25 Februari 2021.

Nantinya, Gubernur Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joenaldy akan menjalani masa jabatan pada 2021-2024. Selain melantik Mahyeldi dan Audy, Presiden Jokowi juga melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad-Marlin Agustina; dan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah-Rosjonsyah.

Acara pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden (Keppres) oleh Presiden kepada masing-masing Calon Gubernur dan Calon Wagub di Istana Merdeka dengan penyesuaian terhadap protokol kesehatan.

Usai penyerahan petikan SK, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bersama ketiga pasangan Calon Gubernur dan Calon Wagub melakukan prosesi kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara untuk selanjutnya dilakukan Upacara Pelantikan.

Berbeda dengan sebelumnya, di masa pandemi ini Kirab dilakukan dengan jumlah barisan pasukan yang lebih sedikit, yaitu hanya dengan empat orang personil.

Upacara pelantikan diawali dengan kumandang lagu kebangsaan Indonesia Raya diikuti dengan pembacaan Keppres Nomor 40P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu Masa Jabatan Tahun 2021-2024 yang berlaku sejak saat pelantikan.

Pelantikan itu dilakukan dalam pengambilan sumpah jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2021 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Kepri dan Bengkulu.

"Mengesahkan pengangkatan Mahyeldi dan Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar," ujar Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sektretariat Negara, Nanik Purwanti saat membacakan surat keputusan sebagaimana disiarkan YouTube Sekretariat Negara, Kamis, 25 Februari 2021.

Jokowi memimpin langsung pengambilan sumpah jabatan kepada para gubernur dan wakil gubernur tersebut.

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya, seadil-adilnya, memegang teguh UUD 1945, serta menjalankan segala UU beserta peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," kata Jokowi mendikte sumpah jabatan yang diikuti para gubernur dan wakil gubernur.

Upacara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada kedua pasangan kepala daerah yang telah dilantik oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin diikuti foto bersama dengan masing-masing pasangan Gubernur dan Wagub.

Hadir dalam kesempatan ini antara lain Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Penguatan Ekonomi Masyarakat Jadi Perhatian Gubernur Sumbar yang Baru


Penanganan Covid-19 serta penguatan ekonomi akan menjadi diantara perhatian utama pasangan kepala daerah Sumatera Barat (Sumbar) yang baru, yakni pasangan Mahyeldi dan Audy Joinaldi dalam periode kepemimpinannya.

"Insyaallaah dalam 100 hari, kita akan fokus pada RPJMD dan penanganan Covid-19 untuk pemulihan dan penguatan ekonomi masyarakat. Kemudahan modal usaha 590 ribu UMKM yang ada di Sumbar," ujar Mahyeldi, didampingi Audy Joinaldi saat memberikan keterangan pers beberapa saat usai dilantik oleh Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara, Kamis, 25 Februari 2021.

Tidak itu saja, Mahyeldi juga menyinggung soal kepariwisataan sebagai penggerak perekonomian masyarakat Sumbar. Termasuk juga pengembangan sektor pertanian, peternakan dan kelautan perikanan.

"Kita juga concern pada kearifan lokal di Sumatera Barat berupa adat bersandi 
syarak, syarak bersandi kitabullah, lalu juga pariwisata tentunya dan pemantapan dunia pendidikan. Dengan dukungan Presiden serta kementerian lembaga instansi di pusat, DPR, DPRD serta seluruh masyarakat, kita berharap visi misi ini bisa berjalan dengan sebaik-baiknya," tambah Mahyeldi.

Terkait pengembangan pariwisata Sumbar, Sekretaris Tim Relawan Pemenangan Mahyeldi Audy, yang juga merupakan Ketua Asosiasi Sales  Travel Indonesia (ASATI) Sumbar Elvis Kashmir, menyebut pengembangan pariwisata akan lebih menitikberatkan pada pariwisata berbasis ekonomi dan budaya lokal, termasuk komunitas-komunitas.

(Hms_Sumbar)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
ATTENTION

Bagi pembaca BentengSumbar.com yang ingin mengirim opini dan artikel, silahkan kirim ke e-mail: bentengsumbar@gmail.com dengan melengkapi identitas dan foto diri Anda.

Enter your email address. Its free!

Delivered by FeedBurner

Komentar Anda: