Program Jumat Layanan Terintegrasi Maksimalkan Pelayanan ke Masyarakat di Gunung Tuleh

BENTENGSUMBAR.COM - Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) adakan program Jumat Layanan Terintegrasi Ke Nagari untuk memaksimalkan pemberian layanan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Gunung Tuleh, Jum'at, 19 Februari 2021.

Layanan Terintegrasi yang bertajuk Jumpa Nagari ini, di adakan di Jorong Bulu Laga, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasbar. Kegiatan ini melibatkan semua unsur Forkopimca Kecamatan Gunung Tuleh, seperti Camat, Polsek, KUA, Nagari dan Kejorongan. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan beberapa Dinas dan Instansi Pemerintahan Kabupaten Pasaman Barat, Khususny dibidang pelayanan. 

Camat Gunung Tuleh, Randy Hendrawan mengatakan, kegiatan ini merupakan program rutin yang dilakukan Forkopimca Gunung Tuleh setiap bulannya. Untuk memberikan layanan yang maksimal kepada masyarakat, pihaknya juga melakukan kerjasama dengan beberapa dinas dan instansi pelayanan di Kabupaten Pasbar.

"kegitan di jorong bulu laga ini merupakan kegiatan yang ke 20 kali yang kita lakukan, dalam kegitan ini kita memberikan sekitar 40 jenis pelayanan kepada masyarakat dengan mengandeng beberapa dinas dan instansi seperti, Disdukcapil, Dinkes, TNI Polri dan Lainnya," ucapnya. 

Randy menambahkan, pemberian layanan masyarakat dengan cara jemput bola ini sangat lebih efisien dan bisa lebih maksimal. 

Menurut Randy, dengan adanya layanan yang turun langsung kelapangan ini, masyarakat yang berada di daerah pinggiran pun, dapat terjangkau dan bisa terdata dengan maksimal. 

"Kecamatan Gunung Tuleh ini, juga merupakan salah satu kecamatan yang memiliki wilayah terbesar di Kabupaten Pasbar, selain itu jarak untuk ke kantor pemerintahan Kabupaten pun juga lumayan jauh, kita berharap program ini dapat menjangkau semua masyarakat yang berada di setiap Nagari maupun tingkat Kejorongan untuk dilakukan pendataan," ujarnya. 

Tambah Randy, adapun layanan yang di berikan untuk masyarakat tersebut berupa, layanan dari Dinas Capil seperti Pembuatan KTP, Domisili, KK dan lainnya. Selain itu juga ada program layanan kesehatan dari Dinas Kesehatan dan Kamtibmas dari TNI, Polri. 

"Ada layanan dari PMI seperti Donor Darah, layanan dari KUA dan lainnya," ungkap Randy. 

Sementara itu, Kepala Jorong Bulu Laga, Marhapni mengatan, masyarakat Gunung Tuleh, khususnya Jorong Bulu Laga merasa sangat terbantu dan mengapresiasi atas adanya gagasan dan ide  Camat Gunung Tuleh, Randy Hendrawan bersama seluruh unsur Forkopimca yang telah bersinergiritas dalam rangka memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat Gunung Tuleh dengan cara turun langsung ke tengah-tengah masyarakat.

Marhapni berharap, untuk kedepannya, pemberian layanan ini dapat dilanjutkan secara berkesinambungan, sehingga bisa memudahkan masyarakat dalam melakukan pendataan.

"yang paling dibutuhkan masyarakat, adalah pengurusan pembuatan KTP, Pindah Domisili dan kepengurusan KK, semoga program ini dapat terus berlanjut dan memudahkan masyarakat," tuturnya. 

Tidak jauh berbeda dari Marhapni, Kapolsek Gunung Tuleh, AKP. Mulyadi juga mengatakan hal yang serupa tentang ide dan gagasan Camat Gunung Tuleh tersebut. 

Menurut Mulyadi, dengan koordinasi dan komunikasi yang baik, Camat Gunung Tuleh, Randy Hendrawan mampu mengakomodir dan menyatukan semua unsur Forkopimca untuk melakukan berbagai kegiatan baik itu, dibidang pemerintahan, layanan masyarakat dan kegiatan sosial.

"Mungkin ini, satu-satunya Camat yang bisa melakukan program ini, bahkan program ini juga dilakukan secara rutin setiap bulannya di Kecamatan Gunung Tuleh," pungkasnya.

Laporan: Ridho

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »