Wawako Hendri Septa Launching Kapal Pengumpul Sampah dan Pasangi Stiker Warga Peduli Sungai

BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Kota Padang terus berupaya memperhatikan peningkatan kelestarian sungai-sungai yang ada di Kota Padang. Setidaknya terdapat 5 sungai besar yang ada di kota yang berpenduduk hampir 1 juta jiwa itu.

Seperti kali ini, Pemko Padang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) didukung OPD terkait serta pihak pemerintah kecamatan di Padang Selatan melaunching sebuah kapal pengumpul sampah yang merupakan dukungan dari program CsR Bank Nagari Sumatera Barat (Sumbar). 

"Kapal tersebut alhamdulillah telah kita terima hari ini dan langsung kita ujicobakan. Semoga saja berguna untuk mendukung upaya kita agar selalu dan selalu menjaga kebersihan dan keindahan sungai-sungai di Kota Padang. Salah satunya Sungai Batang Arau ini," ungkap Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa di sela kegiatan yang dipusatkan di Bundaran Pabayan RW 4 Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Rabu, 10 Februari 2021. 

Hadir langsung dikesempatan itu Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto, para pimpinan OPD terkait, Camat Padang Selatan Teddy Antonius serta pihak Bank Nagari Sumbar dan unsur terkait lainnya.

Wawako pun memberikan apresiasi dimana dalam kegiatan tersebut Pemko Padang juga didukung oleh beberapa pihak. Diantaranya seperti Lantamal II Padang, Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Padang, serta elemen terkait, beberapa organisasi kemasyarakatan (ormas) dan tokoh masyarakat setempat.

"Alhamdulillah kita juga mendapat respon yang baik dari masyarakat khususnya di sekitaran pinggiran Sungai Batang Arau ini. Karena memang, sungai adalah sumber kehidupan bagi manusia. Maka itu, kita tidak boleh mencemari sungai seperti membuang sampah ke sana. Sebab, kalau sungai kotor, penuh dengan sampah dan limbah tentu tidak baik bagi kesehatan kita juga," ujarnya.

Lebih lanjut sebut wawako, selain melaunching kapal pengumpul sampah, juga dilakukan aksi pemasangan stiker yang bertuliskan 'kami warga peduli sungai' atau larangan membuang sampah ke sungai. 

"Stiker tersebut telah kita pasang ke rumah-rumah warga di sini. Hal ini merupakan upaya kita untuk mengedukasi dan mengajak semua masyarakat sekaligus memberikan contoh kepada generasi muda agar senantiasa menjaga lingkungan termasuk sungai dimana saja berada. Untuk itu atas nama Pemerintah Kota Padang kita mengucapkan terima kasih banyak dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini," ungkap Hendri.

"Insya Allah, kita pun juga punya niat bagaimana ke depan khususnya di Sungai Batang Arau ini agar menjadi sungai yang sangat bersih dan jernih. Sehingga dengan itu bisa menjadi ikon wisata kebanggaan Kota Padang. Alhamdulillah, untuk pengembangan Sungai Batang Arau ini kita pun telah mendapat dukungan dari mancanegara yakni negara Jerman. Bantuannya berupa akan dihadirkannya seorang tenaga ahli (hydrologist) yang akan mentransferkan ilmunya dalam pengelolaan Sungai Batang Arau ke depan. Semoga dengan itu Sungai Batang Arau akan menjadi sungai yang ikonik dan menjadi kawasan wisata sungai unggulan di Kota Padang nantinya," pungkas Wakil Wali Kota Padang itu mengakhiri.

Sementara itu Kepala DLH Kota Padang Mairizon menyebut, sejatinya maksud dan tujuan kegiatan kali ini adalah untuk membangun kesadaran bersama masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah. 

"Selain itu juga diharapkan semakin meningkatnya sinergi dari semua pihak dalam mendukung pengelolaan sampah. Begitu juga terwujudnya perilaku masyarakat Kota Padang yang peduli sungai dari hulu sampai hilir sungai," sebut Mairizon.

(David)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »