Petani Desa Butuh Pendampingan dari Satgas TMMD



Kapuas - Lahan pertanian di Desa Saka Lagun memang sangat luas dan kelihatan cukup berpotensi untuk menjadi lahan pertanian produk unggulan. Hal ini karena didukung oleh masyarakatnya yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Jadi bila melihat kondisi seperti ini tentunya petani harus terus mendapat perhatian secara khusus dari pihak terkait agar petani desa Saka Lagun semakin maju dan sejahtera.


Untuk itu kepada pihak terkait agar terus memberikan perhatian khusus kepada petani di Desa Saka Lagun sehingga untuk kedepanya mampu untuk menjadi petani yang mandiri dengan penghasilan yang lebih besar dari sebelumnya. Karena lahan yang luas dengan kondisi tanah yang bagus tidak didukung SDM yang memadai maka penghasilan dari petani juga kurang maksimal.


Untuk itu, terutama Sumber Daya Manusianya harus digarap terlebih dahulu secara Maksimal. Setelah SDMnya tergarap pasti pertanian akan semakin berkembang pesat sehingga para petani ekonominya Semakin mapan.


“Dengan membangun petani desa secara otomatis juga akan membangun perekonomian secara menyeluruh termasuk juga membangun infrastruktur yang memadai untuk percepatan pembangunan sekaligus memperlancar akses para petani,” kata Dansatgas TMMD 110, Letkol Inf. Ari Bayu Saputro, Rabu (3/3/2021).


Dirinya melanjutkan, untuk hasil panen dari petani menurut keterangan dari Kepaka Desa Saka Lagun untuk saat ini memang cukup bagus, padahal para petani masih menggunakan cara tradisional, belum menggunakan sistem yang lebih modern, kalau mereka didampingi dalam mengolah lahan pertanian tentu akan memetik hasil yang lebih masimal.


Dengan melihat langsung lahan pertanian serta berkomunikasi dengan para petani Satgas menemukan banyak hal yang harus dibenahi dan ditata agar para petani mampu untuk berbuat lebih banyak dalam mengolah lahan yang dimilikinya. 


Pengolahan secara modern tentunya harus segera dikuasai oleh petani, agar para petani lebih cepat dalam menghasilkan produk yang unggul sekaligus dapat membangun ekonominya. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »