Poltek KP Percayakan Program Desa Inovasi kepada Nagari Guguak Kuranji Hilir

Poltek KP Percayakan Program Desa Inovasi kepada Nagari Guguak Kuranji Hilir
BENTENGSUMBAR.COM - Dalam rangka mewujudkan masyarakat Kelautan dan Perikanan tahun 2020-2025, Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Pariaman berinisiasi membentuk Desa Inovasi/ Desa Mitra sebagai hilirisasi hasil riset dosen dan mahasiswa berdasarkan Peraturan Kepala BRSDM KP (Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan), No. 6/PER-BRSDM/2020. 


Desa Inovasi, yaitu desa yang dibentuk secara khusus untuk mengembangkan komoditas utama perikanan yang dimiliki dengan sentuhan inovasi dan teknologi yang lebih maju dan modern.


Seiring perkembangan perekonomian modern yang eksploraif  , sumber daya lingkungan semakin dieksploitasi dan produktifitas masyarakat desa menjadi semakin menurun. Berdasarkan data tersebut, maka perlu diterapkan hasil riset yang dapat menumbuhkan daya saing ekonomi di desa/ nagari.


Setelah melakukan tahap seleksi dan sosialisasi yang dimulai sejak tanggal 24 Februari 2021 terhadap 2 nagari di Kabupaten Padang Pariaman,  yakni Nagari Lubuak Pandan, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung dan Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, maka pada hari Jumat, 5 Maret 2021, bertempat di ruang pertemuan Poltek KP, telah ditetapkan Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau sebagai penerima Program Desa Inovatif/ Desa Mitra untuk tahun 2021 oleh Harisjon Khalid sebagai penanggung jawab tim seleksi.


Hadir dalam pertemuan ini: Harisjon Khalid (Poltek KP), Nazran Nazir (Poltek KP), Ainul Mardiah (Poltek KP), Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman (mewakili), ibu Eva Fatimah (Dinas KP Kabupaten Padang Pariaman), Arlis (Camat Sungai Limau) beserta MUSPIKA Kecamatan Sungai Limau, M. Sahur (Wali Nagari Guguak Kuranji Hilir) beserta perangkat nagari dan 4 orang Wali Korong, ninik mamak, H. Ali Akbar mewakili tokoh masyarakat serta H. Joni sebagai pengusaha tambak udang di Pariaman.


Harisjon Khalid berharap adanya Program Desa Inovasi/ Desa Mitra ini bisa menjadi solusi terhadap tekanan ekonomi yang sedang dialami masyarakat selama masa pandemi Covid-19.


“Bersama Program Desa Inovasi/ Desa Mitra ini hendaknya mampu mengembangkan ide bisnis, kreatifitas dan inovasi masyarakat setempat,” sambung Harisjon Khalid.


Eva Fatimah mengungkapkan, terpilihnya Nagari Guguak Kuranji Hilir sebagai penerima Program Desa Inovasi/ Desa Mitra karena selain masyarakatnya hidup di pesisir pantai sebagai nelayan, juga adanya potensi tambak udang yang sedang dikembangkan, yang diharapkan dapat menstimulus peningkatan perekonomian masyarakat..


Selesai acara pertemuan, Harisjon Khalid bersama Nazran Nazir dan Ainul Mardiah mengajak peserta melihat kegiatan yang sedang berjalan di Poltek KP Pariaman, seperti: budi daya ikan lele, usaha makanan yang terbuat dari bahan ikan tuna, dlsb. Seluruh kegiatan dilaksanakan oleh mahasiswa Poltek KP Pariaman.   


(*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »