Sandi Soal Jokowi Benci Produk Asing: Strategis dan Provokatif!

Sandi Soal Jokowi Benci Produk Asing: Strategis dan Provokatif!
BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memiliki penilaian tersendiri perihal pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembukaan Rapat Kerja Kementerian Perdagangan, Kamis, 4 Maret 2021.


Saat memberikan sambutan, Jokowi mengajak semua pihak mencintai produk dalam negeri.


"Produk-produk dalam negeri gaungkan. Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri. Bukan hanya cinta tapi benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri. Sehingga betul-betul masyarakat kita menjadi konsumen yang loyal, sekali lagi, untuk produk-produk Indonesia," katanya.


Lantas apa komentar Sandiaga terkait pernyataan Presiden?


"Saya melihat ada satu narasi yang menurut saya sangat strategis sekaligus provokatif yang disampaikan bapak presiden tadi dan saya dimintakan komentarnya juga, yaitu mencintai produk Indonesia dan membenci produk asing," ujarnya.


"Membenci ini menurut saya suatu hal yang luar biasa dari kepala negara kita bahwa kita bukan hanya mencintai tapi kita mesti switching, pivoting menuju bukan hanya bangga buatan Indonesia dan beli buatan Indonesia tapi juga mulai meninggalkan produk-produk asing dan menurut saya ini yang akan menjadi talkability-nya atau narasi yang sangat kuat dalam kita memulihkan ekonomi pascapandemi ini," lanjutnya.


Menurut Sandiaga, narasi itu merupakan game changer oleh Jokowi.


"Bahwa selama ini Rp 150 triliun lebih dari ekonomi kita yang kita transfer ke luar negeri itu almost 10 miliar dolar AS dari kegemaran kita berwisata ke luar negeri. Dan jika dilihat dari produk-produk ekonomi kreatif kita tentunya banyak sekali terutama yang ada di e-commerce yang merupakan dominasi dari produk-produk luar negeri," kata Sandiaga.


"Jadi kami sangat menyambut, sangat happy, apa yang disampaikan bapak presiden tadi dalam pembukaan raker kemendag ini dan kita all out akan support," lanjutnya.


Source: CNBC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »