TMMD, Terpadu dan Berkesinambungan



Kapuas,  – Petani Desa Saka Lagun kini telah dapat bernafas lega dengan adanya bantuan semenisasi jalan dari Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke – 110 Kodim 1011 /KLK Kapuas  dibawah Komando Letkol Infantri Ari Bayu Saputro.


Mengingat tujuan utama diselenggarakanya Program TMMD adalah untuk mensejahterakan masyarakat dan dalam rangka membangun kemanunggalan atau keterpaduan antara TNI dengan masyarakat. Tanpa rakyat, bukan siapa – siapa, demikian pesan Jendral Besar Sudirman yang selalu jadi motor penggerak seluruh Korps Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam semangatnya menjaga dan melayani masyarakat Indonesia.


Untuk itu dalam melaksanakan pesan dari Jendral Sudirman Program Pra TMMD 110 dilaksanakan dari tahun 1980 an hingga saat ini. Dan untuk awal Tahun 2021 di Desa Saka lagun Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas menjadi salah satu sasaran program TMMD yang dilaksanakan lebih awal melalu Pra TMMD dan tak terasa sudah memasuki hari keenam yang  dibuka oleh Dandim 1011/KLK Kapuas di depan Posko TMMD. Program TMMD awalnya bernama AMD dimasa kepemimpinan Presiden Soeharto yang dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan di daerah pinggiran, tertinggal, terisolasi dan terbelakang dan secara geografis, sulit terjangakau dalam meningkatkan percepatan pembangunan.


Dikatakan Dandim 1011/KLK Kapuas Letkol Infantri Ari Bayu Saputro Senin (1/3/21) mengatakan,” Untuk menuju pada kesejahteraan, atau keberhasilan harus diwujudkan dengan apa yang telah ditetapkan, baik fisik maupun non fisik. Karena sasaranTMMD bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan Serta menumbuhkan rasa cinta tanah air. Paham masalah wawasan kebangsaan, tumbuh jiwa gotong royong, sadar akan bela negara serta terpelihara dan meningkatnya kemanunggalan dengan rakyat.”


 Jadi keberhasilan dari TMMD harus ada kerja sama yang konkrit dari semua pihak, sehingga sesuai dengan sasaran serta tujuanya. Semua itu harus dilakukan agar masyarakat dapat sejahtera serta menumbuhkan rasa cinta tanah air. Inilah yang perlu terus dilakukan oleh TNI agar masyarakat di pedesan mengerti arti dan makna dari cinta tanah air dan wawasan kebangsaan. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »