4 Fakta Bansos Rp14 Triliun Cair Bulan Ini, Ada Beras 10 Kg

4 Fakta Bansos Rp14 Triliun Cair Bulan Ini, Ada Beras 10 Kg
BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan beberapa bantuan yang termasuk ke dalam Perlindungan Sosial (PKH, Kartu Sembako, Bansos Tunai dan lainnya) akan dimajukan penyalurannya.


Penyaluran Perlinsos yang belum terpenuhi di kuartal I-2021 akan direalisasikan pada April sampai awal Mei. Okezone telah merangkum beberapa fakta terkait hal tersebut, Sabtu, 10 April 2021.


1.Kartu Sembako dimajukan jadi awal Mei


Airlangga mengatakan, pencairan Kartu Sembako yang semula akan dilaksanakan Juni, menjadi sebelum lebaran di bulan Mei.


"Memajukan pencairan Kartu Sembako dari Juni ke awal Mei (sebelum Lebaran) serta penyaluran program Perlinsos lainnya, diperkirakan akan berpotensi meningkatkan realisasi sebesar Rp14,12 triliun," ujar Menteri Airlangga Hartarto di Jakarta, Kamis, 8 April 2021.


2. Ada Penyaluran Bantuan Beras 10 Kg selama Ramadan


Pemerintah juga akan menyalurkan Bansos Beras bagi masyarakat selama Ramadhan, melalui program Penyaluran Bantuan Beras sebesar per 10 kg untuk para Penerima Kartu Sembako. Penyaluran akan dilakukan pada akhir bulan Ramadhan (pada masa Peniadaan Mudik berlaku).


3. Pemerintah mendorong konsumsi masyarakat di tengah peniadaan mudik


Dimajukannya penyaluran bantuan tersebut ditujukan untuk mendorong konsumsi dan daya beli masyarakat selama peniadaan mudik dan pembatasan kegiatan.


“Pada akhir bulan Ramadhan, saat peniadaan mudik dan pembatasan kegiatan masyarakat, Pemerintah telah menyiapkan program untuk mendorong konsumsi masyarakat, yang dibarengi dengan berbagai program untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Diharapkan melalui kebijakan ini, akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2021” bebernya.


4. Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih negatif


Airlangga menambahkan proyeksi pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2021 yang masih negatif, untuk bisa kembali ke level pra-Covid atau sekitar 5% (YoY) di 2021, dibutuhkan pertumbuhan minimal 6,7% pada kuartal II-2021.


"Apabila pertumbuhan di kuartal II-2021 tidak mencapai 6,7% maka target pertumbuhan ekonomi 5% di tahun 2021 tidak tercapai," tandasnya.


Source: Okezone

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »