Alhamdulillah, PM Singapura Bakal Izinkan Perawat Muslimah Gunakan Jilbab

Alhamdulillah, PM Singapura Bakal Izinkan Perawat Muslimah Gunakan Jilbab
BENTENGSUMBAR.COM - Singapura sedang membahas rencana membolehkan perawat rumah sakit di negara itu mengenakan jilbab. Perdana Menteri Lee Hsien Loong diperkirakan akan menyampaikan pengumuman itu saat perayaan hari kemerdekaan Singapura pada Agustus mendatang.


Dalam posting-an di akun Facebook-nya, Lee mengatakan dia tengah membahas masalah izin penggunaan jilbab bagi perawat muslimah dengan para pemimpin agama serta komunitas Melayu.


"Posisi pemerintah tentang jilbab tidak belum tetap. Sikap, nilai, dan pandangan masyarakat telah berkembang secara alami dari waktu ke waktu. Dalam lingkungan sosial dan pekerjaan, jilbab sekarang lebih umum. Ada alasan untuk mengizinkan perawat muslimah mengenakan jilbab jika mereka ingin,” kata Lee, seperti dilaporkan kembali The Straits Times, Minggu, 11 April 2021.


Lee mengatakan pemerintah sedang mempertimbangkan kebijakan baru ini dalam beberapa waktu.


“Kami diam-diam terlibat dan berkonsultasi dengan tokoh masyarakat. Namun kami masih membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan landasan sebelum mengambil keputusan,” ujarnya, lagi.


Lee mengatakan pemerintah harus memastikan bahwa warga Singapura, baik muslim maupun non-muslim, siap menerima langkah tersebut.


“Setiap warga harus memahami bahwa ini penyesuaian yang memerlukan kehatian-hatian, bukan perubahan besar-besaran. Mereka juga harus menyadari di mana batasannya agar kita tidak merusak kerukunan umat beragama," tuturnya.


Lee telah meminta para pemimpin masyarakat untuk membantu menyelesaikan proses ini. 


"Saya bermaksud menyampaikannya pada Parade Hari Nasional tahun ini pada Agustus," katanya, menutup postingan di Facebook.


Menurut laporan The Straits Times, Lee mempertimbangkan perubahan di Singapura mengenai maraknya penggunaan jilbab dalam lingkungan pekerjaan. Jilbab kini lebih umum digunakan bukan hanya di lingkungan sosial.


Sebenarnya rencana untuk mengizinkan perawat mengenakan jilbab sudah dipertimbangkan sejak lama. Lee terakhir membahas ini pada 2014.


(*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »