Dari Kunker DPRD Kota Padang, Budi Syahrial: Capilduk Pelalawan Serba Cepat...!

Dari Kunker DPRD Kota Padang, Budi Syahrial: Capilduk Pelalawan Serba Cepat...!
BENTENGSUMBAR.COM - Anggota Komisi I DPRD Kota Padang, Budi Syahrial mengungkap kunjungan anggota DPRD Kota Padang ke Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. 


Menurutnya, terdapat hal yang mengesankan dalam kunjungan kerja ke Dinas Capilduk Kabupaten Pelalawan tersebut. Ibu kabupaten tempat beroperasinya pabrik pulp and paper RAPP ini memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang serba dipermudah, cepat dan terus berinovasi sesuai visi dan misi Bupatinya.


"Contoh, misalnya aaat seorang anak lahir, maka Capilduk yang sudah membuat perjanjian kerjasama dengan Dinas Kesehatan mewajibkan RS, klinik, bidan melaporkan ke Capilduk peristiwa kelahiran lewat layanan WA khusus dan Capilduk langsung membuatkan akta kelahiran serta merubah KK orang tua dengan menambahkan NIK baru anak lahir kemudian membuat kartu Identitas anak hanya dalam hitungan 2 hari saja dan tinggal dijemput oleh bidan dan diserahkan saat pasien pulang setelah menjalani perawatan," ungkap Budi, Kamis, 15 April 2021.

 

Contoh lainnya, urai Budi, jika ada perantau yang pulang dan tidak mungkin lagi kembali ke rantau kemudian mengurus pencabutan fail data penduduk di rantau, maka capilduk Pelalawan segera membantu dengan menyiapkan blanko isian, dan membantu menyurati secara elektronik Capilduk daerah rantau untuk mencabut fail warga tersebut.  Biasanya dalam 2 hari fail tercabut dan si perantau yang pulang langsung mendapatkan KTP, KK yang baru di Pelalawan.


"Hal ini kontras sekali dengan di Kota Padang, banyak perantau gagal dan pulang kampung kesulitan mencabut fail dari daerah rantau bahkan diminta pula mengurus dahulu pencabutan itu ke kota tempat merantau sementara untuk ke rantau mengurus hal itu sudah tidak ada biaya lagi, akibatnya tidak bisa mendapatkan  kemudahan KTP dan KK kembali ke kampung halaman sehingga banyak halangan dan hak-haknya yang terpinggirkan," tutur Budi. 


Misalnya saja, terang politisi Partai Gerindra ini, hak memilih, mendapatkan santunan diakibatkan KTP bukan di kampung halaman karena masih di rantau serta hak-hak lainnya.


"Contoh berikutnya di Pelalawan, jika ada pasangan yang menikah, maka Capilduk menghadiahi kedua mempelai langsung dengan KK baru dan merubah KK keluarga asal menjadi baru dengan mengeluarkan nama para mempelai dari KK orangtuanya, bahkan langsung membuatkan KTP dan KK baru kedua pasangan tersebut yabg statusnya berubah dan diantarkan oleh petugas secara gratis," tukuk Budi.


Tak hanya itu, jelas Budi, ketika ada yang meninggal dunia, otomatisewat online WA Lurah/kades melaporkan dan Capilduk siap memberikan segala kemudahan tentang surat keterangan kematian dan lain-lainnya terkait meninggalnya seseorang sehingga data penduduk mereka update dan dinamis.


"Kota Padang harus berubah dan jangan sampai ketinggalan dari Pelalawan. Kita harus mencontoh hal yang baik dari daerah lainnya," pungkasnya.


(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »