Habib Ali al-Jufri Sindir Ulama Bersorban Tapi Hobi Ngusik Pemerintah

Habib Ali al-Jufri Sindir Ulama Bersorban Tapi Hobi Ngusik Pemerintah
BENTENGSUMBAR.COM - Baru-baru ini, ceramah lawas pemuka agama Arab Saudi, Habib Ali al-Jufri kembali viral di media sosial. Pada tayangan berdurasi singkat tersebut, dia bicara mengenai ulama bersorban yang hobi mengusik pemerintah.


Disitat dari video berjudul ‘Siapa Saja yang Ganggu Pemerintah Dia Adalah Pelaku Kriminal’ di saluran Youtube Ali Murtadho, Habib Ali al-Jufri bicara di hadapan jamaahnya melalui mimbar. Sedangkan di sisinya terdapat seorang penerjemah yang membantu Habib Ali mengartikan ucapannya.


Habib Ali kemudian mengatakan, keislaman seseorang sejatinya tak bisa diukur dari pakaian atau simbol-simbol yang dia kenakan. Misalnya, kata dia, ada pendakwah yang bersorban, namun hobinya mengusik pemerintah dan berniat merusak situasi negara.


“Yang memanas-manasi terhadap yayasan-yayasan, institusi-institusi, pemerintah, itu adalah pelaku kriminal. Meskipun orang tadi mengenakan imamah (sorban). Meskipun itu mengatasnamakan agama, meskipun dia mengatakan membela Islam,” ujar Habib Ali, dikutip Jumat 9 April 2021.


“Mungkin dia itu orang bodoh yang ditertawakan, atau dia itu penipu,” lanjutnya.


Pendakwah karismatik yang telah mengunjungi banyak negara itu mengatakan, mengusik pemerintah sama aja memantik api kehancuran. Hal tersebut, kata dia, tidak sejalan dengan ajaran Islam yang menjunjung tinggi nilai kedamaian.


“Siapapun dia, ketika ada orang yang memanas-manasi, mengusik institusi pemerintah, institusi negara, maka maknanya dia akan menghancurkan negara yang berdaulat itu. Menghancurkan negara, berarti dia akan menghancurkan lima pondasi utama yang ada di dalam agama,” terangnya.


Lima pondasi dalam agama yang dia maksud, yakni agama itu sendiri, jiwa atau kehidupan, akal, harga diri, dan harta.


“Bagaimana disebutkan di kitab Imam Juwayni dan Imam Mawardi, peran agama berdaulat adalah dengan menjaga lima pondasi utama (tersebut),” ucapnya.


Dia juga memastikan, sudah banyak negara yang jatuh atau hancur lantaran tak bisa menjaga lima pondasi penting tersebut.


“Dan lihat, coba perhatikan negara-negara yang sudah jatuh, coba perhatikan dari lima pondasi yang penting di dalam agama ini,” kata dia.


Source: Hops

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »