Jokowi Buka-bukaan Rayu Jerman Bantu RI Genjot Industri Digital

Jokowi Buka-bukaan Rayu Jerman Bantu RI Genjot Industri Digital
BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayu Jerman untuk ikut membantu Indonesia mengembangkan industri 4.0. Hal itu disampaikannya langsung saat membuka Hannover Messe 2021 Digital Edition yang juga dihadiri Kanselir Jerman Angela Merkel.


Dalam acara itu Jokowi secara terbuka mengajak Jerman untuk bermitra mewujudkan transformasi digital di Indonesia. Sebab Indonesia telah menyiapkan roadmap implementasi making Indonesia 4.0.


"Saya ingin mengajak Jerman untuk bermitra mewujudkan transformasi digital di Indonesia," tuturnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin, 12 April 2021.


Menurutnya terdapat 3 hal utama dalam pengembangan industri 4.0. Pertama, kebutuhan penguatan SDM. Indonesia dianggap memiliki kelebihan dalam hal bonus demografi.


"Pada tahun 2030 jumlah usia produktif di Indonesia tumbuh 2 kali lipat. Tantangannya adalah penyiapan SDM yang mampu menghadapi tantangan masa depan. Tantangan big data. Artificial intelligence. Internet of things. Saya yakin, Jerman dapat mendukung penguatan SDM Indonesia melalui pengembangan pendidikan vokasi, penguatan riset, dan penguatan universitas berbasis teknologi," ujar Jokowi.


Kedua, dibutuhkan terciptanya iklim investasi yang kondusif bagi industri 4.0. Pembenahan iklim investasi sendiri menurutnya membutuhkan reformasi struktural. Salah satunya melalui UU Cipta Kerja.


"UU Cipta kerja ini akan mempermudah izin usaha. Memberikan kepastian hukum. Memberikan insentif. UU Cipta Kerja juga memberikan insentif bagi ekonomi digital. UU Cipta Kerja akan mendukung pengembangan industri 4.0," jelas Jokowi.


Ketiga, investasi pada pembangunan hijau. Menurutnya pandemi menjadi momentum yang baik untuk mendorong pembangunan hijau.


"Menurut WEF, potensi ekonomi hijau atau pembangunan hijau sangatlah besar. Peluang bisnis sebesar US$ 10,1 triliun. Peluang 395 juta lapangan pekerjaan baru hingga 2030," terang Jokowi.


Source: detikcom

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »