Headline

Opini

Padang

Sports

Sekda Amasrul Bersama Forkopimda Hadiri Puncak Peringatan HUT XXV Otonomi Daerah

          Sekda Amasrul Bersama Forkopimda Hadiri Puncak Peringatan HUT XXV Otonomi Daerah
Sekda Amasrul Bersama Forkopimda Hadiri Puncak Peringatan HUT XXV Otonomi Daerah.
BENTENGSUMBAR.COM - Sekertaris Daerah Kota Padang Amasrul menghadiri puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Otonomi Daerah XXV Tahun 2021 secara virtual dari Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang, Senin, 26 April 2021. 

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dalam laporannya menyampaikan, sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1966 tanggal 7 Februari 1966 yang menetapkan tanggal 25 April 2021 sebagai hari otonomi daerah.

"Seyogyanya peringatan hari dilaksanakan pada 25 April 2021. Namun karena berhubung tanggal 25 April hari Minggu maka dilaksanakan pada hari ini," sebutnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin mengawali sambutannya menyampaikan apresiasi kepada kepala daerah dan pihak terkait yang telah mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 di 270 daerah dengan tingkat partisipasi 76,09%.

"Secara keseluruhan Pilkada 2020 lalu telah berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19. Keberhasilan tersebut menjadi satu bukti bahwa melalui kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang ketat maka roda pemerintahan tetap berjalan dan produktif," ujar Wapres sewaktu membuka kegiatan tersebut.

Wapres mengatakan, hari otonomi daerah merupakan momentum yang tepat untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi pemerintahan daerah. Penyelenggaraan pemerintahan daerah termasuk pada masa pandemi Covid-19 meruba paradigma pemerintahan dan pembangunan yang masih berorientasi pada bisnis atau rutinitas.

"Selama ini paradigma pemerintahan dan pembangunan daerah masih berorientasi pada bisnis atau rutinitas. Maka ke depan pembangunan daerah harus berbasis Inovasi dan teknologi informasi dengan memanfaatkan modal budaya, teknologi informasi dan kearifan lokal karakteristik daerah,"cetus Ma'ruf.

"Kemudahan pentingnya sinergi dan koordinasi pemerintahan secara kolaboratif, baik antar daerah, antar pusat dengan daerah, antara pemerintah dengan swasta, dan kapitalisasi modal sosial secara gotong royong akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi dan sosial masyarakat," pungkas Wapres.

Tema peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021 adalah "Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19, untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju,”. Peringatan Hari Otonomi Daerah ini juga dihadiri langsung oleh unsur Forkopimda Kota Padang di  Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang.

(Mul/Adhy)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...