Anies Baswedan: Jangan Pernah Kau Khianati Negeri Ini!

Anies Baswedan: Jangan Pernah Kau Khianati Negeri Ini!
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghabiskan waktu akhir pekannya dengan mengajak istri dan anak-anaknya menonton film Tjort Nja Dhien di bioskop.


Momen tersebut terungkap dari unggahan sejumlah potret di instagram @Aniesbaswedan pada Minggu sore, 23 Mei 2021.


Menurut Anies, Tjoet Nja’ Dhien adalah kisah perempuan tangguh. Dia memancarkan aura kecemerlangan hati dan keteguhan iman.


Pancaran yang membuat ribuan terpanggil untuk perang sabil. Gema Takbir bergema di hutan dan pilihan yang dia tawarkan sederhana: Menang atau Syahid.


“Jangan pernah kau khianati negeri ini!. Itu kalimat terakhir yang keluar dari Tjoet Nja’ Dhien di film ini. Badannya renta tapi imannya kokoh. Matanya rabun tapi hatinya jernih. Pakaiannya gelap tapi sinar mukanya cerah," sebut Anies, dilansir dari Industry.co.id.


"Tontonlah film ini. Resapi kisahnya. Refleksikan kondisinya. Bayangkan bila kita hidup di masa itu: ada di pihak manakah kita berada? Sanggupkah kita pilih jalan terjal tapi mulia? Jalan perjuangan? Sanggupkah?," sambung Anies.


Dalam unggahan tersebut, dirinya juga mengemukakan bahwa bagi yang saat ini sudah bisa hidup nyaman, sejahtera di negeri ini, ingatlah bahwa di bawah kenyamanan saat ini, ada pondasi yang dibentuk dari jutaan orang tak dikenal yang menghibahkan nyawanya sebagai ongkos untuk negeri ini bisa merdeka.


Selain itu, Anies juga mengaku bahwa Ia menonton beberapa kali saat film ini keluar pertama kali di tahun 1988.


Saat itu dirinya menyebut masih duduk di bangku SMA. Kini filem Tjoet Nja’ Dhien diputar ulang. Getaran semangat dalam film ini masih tetap kuat.


Eros Djarot memang fenomenal. Dia sanggup mengejawantahkan gelora heroik masa itu menjadi rangkaian gambar dan narasi yang dahsyat. Dia serap gelora perjuangan rakyat Aceh, lalu dipancarkannya dalam berbagai adegan dengan memesona.


"Ya, Eros Djarot memang dahsyat!," sebut Anies.


Dalam kesempatan itu, Aniespun mengajak masyarakat untuk menonton film ini.


"Kita akan makin sadar mengapa Aceh itu tanahnya harum. Di Aceh inilah tanahnya disiramirata dengan darah para syuhada. Ya, pengharum tanah di Aceh itu adalah darah syuhada," katanya.


"Tontonlah film ini, ada hikmah dan pelajaran amat dalam dari menonton filem Tjoet Nja’ Dhien ini....#ABW," tutup Anies.


(*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »