Muhammadiyah Lebaran 13 Mei, Kapan Pemerintah?

BENTENGSUMBAR.COM - Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H pada Kamis 13 Mei 2021. Lalu kapan pemerintah?

Kementerian Agama (Kemenag) telah menyampaikan baru akan menggelar sidang isbat pada Selasa 11 Mei 2021.

Sidang isbat akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

"Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadan 1442 H secara daring dan luring," kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, dikutip dalam rilis yang diterima MPI, Rabu 5 Mei 2021.

Rangkaian Sidang Isbat

Sementara Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim menuturkan, tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana awal Ramadhan lalu.

Sesi pertama dimulai pukul 16.45 WIB, berupa pemaparan posisi hilal awal Syawal 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Setelah Magrib, sidang Isbat dipimpin Menteri Agama, diawali dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal.

Kemenag menjadwalkan akan melakukan rukyatul hilal di 88 titik di seluruh Indonesia. Untuk di DKI Jakarta misalnya, rukyatul hilal akan dilaksanakan di Gedung Kantor Wilayah Kemenag DKI Jakarta lantai 7, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy'ari Jakarta Barat.

"Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi serta disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," pungkasnya.

Source: Okezone

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »