Wako Hendri Septa: Keistimewaan Ramadan Harus Kita Kejar

BENTENGSUMBAR.COM - Tepat pada hari ini Minggu, 2 Mei 2021, Ramadan 1442 H genap memasuki hari yang ke 20 atau berada pada fase ketiga terakhir di bulan penuh berkah tersebut.

Mengingat hal itu, Wali Kota Padang Hendri Septa ikut menyerukan kepada warga muslim di kota yang ia pimpin agar lebih meningkatkan kualitas puasa dan ibadah lainnya memasuki penghujung Ramadan tahun ini. 

Kita harus terus meningkatkan amalan di 10 hari terakhir bulan Ramadan, dianyaranya untuk meraih malam kemuliaan yakni Lailatul qadar. Demikian disampaikan wali kota sewaktu memberikan tausiah dalam kegiatan Subuh Ramadan di Masjid At-Taubah, Kelurahan Parak Laweh Pulau Aie Nan XX, Kecamatan Lubuak Bagaluang, Minggu, 2 Mei 2021.

"Maka dari itu, di bulan Ramadan ini semua ibadah yang kita lakukan akan dibalasi pahala berlipat-lipat oleh Allah Swt. Insya Allah, semoga kita juga diberikan ampunan karena bulan Ramadan adalah bulan pengampunan dan sangat istimewa bagi umat Islam. Oleh karenanya, pada Ramadan tahun ini kita tentu harus melakukan peningkatan dari Ramadan tahun-tahun sebelumnya. Baik kualitas puasa kita, salat kita dan ibadah lainnya," imbaunya.

Wali kota milenial itu menjelaskan, seperti diketahui Rasulullah SAW meningkatkan amal ibadah di 10 hari terakhir Ramadhan. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Siti Aisyah radhiallahu anha Rasulullah SAW disebutkan bahwa “Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir (bulan ramadhan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut. (HR. Muslim).

"Di penghujung Ramadan atau memasuki 10 hari Ramadan umat Islam harus betul-betul memanfaatkannya untuk beribadah semaksimal mungkin. Mari kita fokus mengejar keistimewaan Ramadan yang ada di 10 hari terakhir ini. Boleh dan tidak ada larangan bagi kita bila disibukkan dalam persiapan jelang Lebaran. Tapi sangat rugi kalau seandainya hari demi hari pada 10 hari Ramadan terakhir ini kita lewati begitu saja," jelasnya.

Lebih lanjut Wako Hendri juga menyebutkan tentang makna dari firman Allah Surat Nuh ayat 10-12 yang artinya yaitu "Maka aku berkata (kepada mereka), "Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu."

"Salah satu resolusi ramadhan tahun ini adalah mari kita memperbanyak ibadah yang sering kali terlupa, padahal sangat penting dan agung fadhilahnya. Ada 4 amalan 10 hari terakhir bulan Ramadan sesuai sunnah, diantaranya memperpanjang salat malam, memperbanyak sedekah, iktikaf dan tadarus Alquran."

"Jadi sangat istimewa, dan semua muslim disarankan untuk melakukan ibadah dengan baik. Karena ada banyak keutamaan di sepertiga bulan terakhir itu, hingga Rasulullah pun mengencangkan ibadahnya," pungkas wako mengakhiri tausiah.

Di akhir kegiatan Wako Hendri Septa menyerahkan bantuan hibah dari Pemko Padang sebesar Rp10 Juta yang diperuntukkan bagi Masjid At-Taubah.

Terlihat hadir dalam rombongan diantaranya Kepala BKPSDM Arfian dan dari unsur Bagian Kesra serta lainnya. Camat Lubuak Bagaluang Heriza Syafani beserta lurah se-kecamatan setempat juga hadir dikesempatan itu.

(David)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »