Opini

Parlemen

Sports

9 Jam Periksa Azis Syamsuddin, Ini Yang Digali Penyidik KPK

          9 Jam Periksa Azis Syamsuddin, Ini Yang Digali Penyidik KPK
9 Jam Periksa Azis Syamsuddin, Ini Yang Digali Penyidik KPK.
BENTENGSUMBAR.COM - Sejumlah hal digali Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat memeriksa Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai kasus dugaan suap terkait penanganan perkara Walikota Tanjung Balai Tahun 2020-2021.

Penyidik KPK mengonfirmasi, Azis digali soal awal mula perkenalan dengan tersangka Stepanus Robin Pattuju hingga memfasilitasi pertemuan para tersangka, yakni Robin dan pengacara bernama Maskur Husain di rumah dinas Azis Syamsuddin.

"Termasuk dugaan memfasilitasi oleh saksi untuk dilakukannya pertemuan di rumah dinas jabatan Wakil Ketua DPR, antara tersangka SRP dengan tersangka MS (Maskur Husain)," ujar Plt Jurubicara KPK, Ali Fikri, Rabu, 9 Juni 2021.

Lebih lanjut, Ali Fikri menegaskan bahwa keterangan materi pemeriksaan selengkapnya telah tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) saksi dan akan disampaikan di depan persidangan Tipikor.

Dalam perkara pengurusan perkara Walikota Tanjungbalai tahun 2020-2021, KPK telah menetapkan Robin Pattuju, Maskur Husain (MH) selaku pengacara, Walikota nonaktif Tanjungbalai M. Syahrial (MS) sebagai tersangka.

Robin disebutkan telah melakukan pertemuan dengan Syahrial di rumah dinas Azis Syamsudin selaku Wakil Ketua DPR RI fraksi Golkar, pada Oktober 2020.

Dalam pertemuan itu, Azis memperkenalkan Robin dengan Syahrial diduga karena Syahrial memiliki permasalahan terkait penyelidikan dugaan korupsi di Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai yang sedang digarap KPK agar tidak naik ke tahap penyidikan.

Menindaklanjuti pertemuan itu, Robin kemudian mengenalkan Maskur kepada Syahrial untuk bisa membantu permasalahannya. Robin bersama Maskur sepakat untuk membuat komitmen dengan Syahrial supaya penyelidikan di KPK tidak ditindaklanjuti dengan menyiapkan uang sebesar Rp 1,5 miliar.

Syahrial pun menyetujuinya dan mentransfer uang secara bertahap sebanyak 59 kali melalui rekening bank milik Riefka Amalia (RA) selaku teman Robin dan Syahrial juga memberikan secara tunai kepada Robin. Total uang yang telah diterima Robin sebesar Rp 1,3 miliar. 

Source: RMOL
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...