Bantah Vaksin Nusantara Buatan Amerika, Terawan: 90% Bahan Ada di Indonesia

Bantah Vaksin Nusantara Buatan Amerika, Terawan: 90% Bahan Ada di Indonesia
BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) sekaligus inisiator Vaksin Nusantara Terawan Agus Putranto menjawab tudingan vaksin yang dibuatnya adalah produk Amerika Serikat. 


Bantahan tersebut disampaikannya saat menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VIII DPR RI di ruang rapat Komisi VIII DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.


"Dikatakan bahwa ini bikinan Amerika dan sebagainya ya selama ini diam saja, untuk apa dijawab. Kan mereka berpendapat," kata Terawan, Rabu, 16 Juni 2021.


Terawan membantah segala tudingan itu dengan karyanya, dan tidak perlu banyak bicara soal vaksin buatannya.


Dalam paparannya, Terawan juga menjelaskan jika vaksin berbasis sel dendritik itu buatan Indonesia. Ia juga membawa satu kotak bersisi perangkat vaksin tersebut.


"Isi boks ini hampir 90 persen lebih bahan produksinya adalah sudah ada di Indonesia, bahkan dibuat di Indonesia. Semuanya bahannya di Indonesia, ada beberapa yang dibuat di Amerika seperti larutan antigen protein harus impor dulu dan media diferensiasi masih impor," imbuhnya.


Dia pun memastikan telah menggunakan Vaksin Nusantara bagi dirinya sendiri juga keluarganya. 


"Sudah, ya saya bikin sendiri masak enggak berani nyuntik sendiri? Termasuk anak dan istri saya juga sama (sudah disuntik Vaksin Nusantara)," kata Terawan.


Sumber: Okezone.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »