Headline

Opini

Parlemen

Sports

Catatan Muhammad Ilham: Keindahan Kebudayaan Sumatera Barat

          Catatan Muhammad Ilham: Keindahan Kebudayaan Sumatera Barat
Foto Muhammad Ilham. Keindahan Kebudayaan Sumatera Barat.

Catatan Muhammad Ilham: Keindahan Kebudayaan Sumatera Barat
BENTENGSUMBAR.COM - Sumatera barat merupakan wilayah indonesia pada bagian ujung barat yang banyak memiliki kebudayaan dan keanekaragaman yang ada di dalam wilayah tersebut. Pada zaman dahulu Sumatra Barat ini dikenal sebagai wilayah bagian dari kerajaan para ruyung yang ada di wilayah Sumbar. 


Namun wilayah dari kerajaan Pagaruyung ini tidak semua menyangkut Sumatera Barat namun juga ada Sumatera Utara yang mana Masih menyesuaikan history dan kebudayaan dari kerajaan lama. Dari semua hal tersebut tetap terikat oleh adanya penjajahan kolonial pada zaman dahulu yang mana memberikan efek hingga saat ini. 


Diawali dari penjajahan Inggris yang datang kepada kerajaan para ruyung tepatnya di Sumatera Barat yang mana selama penjajahan tersebut membawa kebudayaan dan adat Baru Bagi Sumatera Barat namun sebelum penjajah datang ini sudah memiliki kebudayaan yang melekat sebagai bentuk ciri khas dari wilayah Sumatera Barat pada zaman dahulu. 


Sumatera Barat merupakan wilayah yang ada di pesisir barat tengah tepatnya pada pulau Sumatera dengan memiliki banyak Dataran rendah yang menjadi incaran para kolonial pada zaman dahulu dan memiliki dataran tinggi vulkanik dari Bukit Barisan yang paling terkenal. 


Di mana dalam Sumatera Barat ini merupakan laut lepas di sepanjang Samudra Hindia hingga 375 KM dengan beberapa puluh kilometer adalah jarak dengan pulau lainnya.


Selain memiliki banyak kebudayaan Sumatera Barat juga memiliki banyak wilayah daerah berair seperti danau contohnya seperti Singkarak ,Danau Maninjau. 


Danau yang ada tersebut membentang dari bagian utara hingga selatan provinsi Sumatera Barat dengan memiliki luas 130,1 km² dan ada pada Danau Maninjau sebesar 99,5 km² dan juga ada danau yang ada di pulau Sumatera yang menjadi hulu utama dari provinsi ini ya ini Seperti Sungai Siak Indragiri Kampar maupun sungai dari Batanghari yang mana muara dari semua sungai itu ada di Riau dan juga Jambi. 


Sumatera Barat memiliki banyak kekayaan alam dan kekayaan budaya yang membentang dari Utara Selatan Barat dan Timur. Dari sungai sungai tersebut juga ada Muara pendek Seperti Sungai Batang Anai Tarusan dan juga Arrau. 


Tidak hanya Sungai namun Sumatera Barat juga kaya akan gunung yang terdapat 29 gunung di mana 7 di antaranya ada di Kabupaten dan juga kota Contohnya seperti gunung yang tertinggi di dunia adalah gunung Merapi yang ada di kabupaten Agam yang memiliki ketinggian lebih dari 2,5 meter serta juga ada Gunung Talang dengan ketinggian 2,5 m yang mana masing-masing gunung tersebut merupakan gunung berapi. 


Selanjutnya membahas mengenai keanekaragaman budaya yang ada pada Sumatera Barat di mana faktor alam merupakan penunjang dari kebudayaan. Provinsi Sumatera Barat telah banyak yang memiliki keanekaragaman baik padat maupun budaya secara tradisional maupun secara modern yang akulturasi dari budaya tradisional.


Kekayaan dari Sumatera Barat ini harus memang terus dilestarikan sebagai bentuk pengembangan wilayah di wilayah Sumatera Barat guna untuk menjadi perhatian khusus bagi pemerintah untuk senantiasa memelihara ragam budaya dan alam yang ada di Sumatera Barat kita memang mampu untuk dikenakan di internasional maka harus dikenalkan sebagai bentuk kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. 


Itu hal itu bisa menjadikan Sumatera Barat menjadi tempat destinasi wisata dengan kekayaan alam dan juga budaya yang ada yang disatupadukan sehingga bisa menambah devisa dari wilayah dan memberikan efek bagi perekonomian negara. 


Selain itu Indonesia juga bisa mempromosikan wilayah provinsi Sumatera Barat sebagai bentuk apresiasi terhadap pemerintahan daerah Sumatera Barat untuk menyelenggarakan suatu proses dari bagian kenegaraan.


Ada macam sekali keindahan yang ditemukan di Sumatera Barat dan juga kebudayaan yang ada yakni seperti :


1.Rumah Adat


Rumah adat yang ada di Sumatera Barat itu adalah berupa Rumah Gadang yang didasari dari suku Minangkabau dengan memiliki sebuah tanduk pada rumahnya terbagi atas muka depan dan muka belakang. Di mana rumah ini dibuat dari bahan kayu yang hampir sama dengan rumah panggung namun memiliki kekhasan bahwa pemain yg tidak dipakai paku besi hanya dari pasak dari kayu saja sehingga menampilkan kesan alami dari rumah ini.


2.Seni Tari


Adapun seni tari yang dikenalkan di wilayah Sumatera Barat adalah seni tari etnis Mentawai dan Minangkabau yang dipengaruhi oleh ajaran Islam seperti misalnya tari piring payung maupun tari Indang.


3.Bahasa 


Adapun bahasa yang digunakan yakni berupa bahasa Indonesia ataupun bahasa yang berkembang di Sumatera Barat dengan dialek yang berbeda-beda misalnya ada di Bukittinggi Pesisir Selatan maupun dari Payakumbuh yang dialek memiliki masing-masing keutamaan


4.Agama Mayoritas


Adapun agama mayoritas yang menduduki di Sumatera Barat adalah Islam dengan persentase 98% dan sisanya adalah 5 agama lain yang ada di Indonesia sehingga dibangunlah masjid yang paling besar di Sumatera Barat ada di kota Padang sedangkan adanya masjid tertua yaitu Masjid tua yang ada di Solok.


Adapun ciri khas dari budaya masjid ini adalah arsitektur yang khas dari masjid yang mendominasi bentuk masjid tersebut dengan memiliki bentuk lonjong dengan ukiran Minang hingga memiliki 3 sampai 5 lapis dari Makin kecil dan cekung seperti Tuo kayu.


5.Penduduk


Sumatera barat banyak dihuni oleh masyarakat suku Minangkabau yang mana ada pada suku Batak dan juga my darling yang juga ikut menghuni pada bagian Selatan dan ada beberapa kota di Sumatera Barat yang menjadi transmigrasi dari Pulau Jawa Lalu ada keturunan imigran dan yang kembali ke Sumatera Barat sejak tahun 1950. 


Dimana saat itu Presiden Soekarno sebagai presiden pertama memutuskan bahwa adanya tempat di sekitar Situ guna untuk daerah transmigrasi dan hal ini tidak lepas dari politik pemerintah yang mana sejak PRRI provinsi Sumatera Barat baru saja dibentuk sebagai TGA. 


Oleh sebab itu sangat diperlukan adanya kerjasama masyarakat Sumatera Barat dan juga pemerintah untuk lebih mengembangkan kebudayaan dan destinasi yang ada di Sumatera Barat guna untuk pemeliharaan yang lebih lanjut dan baik lagi sehingga bisa digunakan untuk menopang pembangunan ekonomi Indonesia. 


Selain itu dengan menjaga hal tersebut maka bisa melestarikan warisan yang ada di Indonesia berupa kebudayaan dan adat istiadat yang berkembang apalagi di Sumatera Barat sangat kental dengan adat dan istiadat di sekitar sehingga bisa dikatakan bahwa di daerah Sumatera Barat ini bisa menjadi daerah destinasi wisata asing untuk mengenalkan budaya Indonesia di Kancah internasional. 


Sebab itu untuk mendukung proses hal tersebut sangat diperlukan kerjasama masyarakat dalam memelihara wilayah dan lingkungan sekitar serta kebudayaan yang ada di mana adanya dorongan dan bantuan dari pemerintah berupa material maupun support agar bisa memberikan dorongan masyarakat Sumatera Barat tersebut.


*Penulis  adalah Muhammad Ilham, Mahasiswa Sastra Daerah Minangkabau Fakultas Ilmu Budaya , Universitas Andalas.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...