Headline

Opini

SOROT

Sports

Dulu Berjuang Lepaskan Timor Leste dari Indonesia, Kini Ramos Horta Dukung Papua Tetap NKRI: Saya Percaya Jokowi!

          Dulu Berjuang Lepaskan Timor Leste dari Indonesia, Kini Ramos Horta Dukung Papua Tetap NKRI: Saya Percaya Jokowi!
Dulu Berjuang Lepaskan Timor Leste dari Indonesia, Kini Ramos Horta Dukung Papua Tetap NKRI.

Dulu Berjuang Lepaskan Timor Leste dari Indonesia, Kini Ramos Horta Dukung Papua Tetap NKRI: Saya Percaya Jokowi!
BENTENGSUMBAR.COM - Sebagian dari kita tentunya tahu bahwasanya nama Jose Ramos Horta begitu disanjung di Timor Leste hingga bahkan dianggap sebagai pahlawan yang membawa Timor Leste lepas dari Indonesia.


Dulunya, ia dikenal berjuang mati-matian untuk melepaskan Timor Leste dari Indonesia, tetapi kini justru mendukung Papua agar tetap menjadi bagian dari NKRI.


Menurutnya, Papua lebih baik tetap bersama Indonesia melepaskan diri dan berjuang untuk kemerdekaan.


Adapun hal itu disampaikan oleh Ramos Horta ketika mengisi sebuah pidato di Taman Ismail Marzuki pada tahun 2016 silam, sebagaimana dilansir terkini.id dari tribunnews pada Sabtu, 12 Juni 2021.


Dalam pidato bertajuk ‘Perdamaian dan Kebebasan’ tersebut, Ramos Horta menyinggung soal Papua.


“Papua lebih baik tetap bergabung dengan Indonesia,” tegasnya.


Alasannya adalah bahwa pemerintahan zaman orde baru sangat berbeda dengan pemerintahan zaman sekarang.


Saat menyampaikan pidato tersebut, Indonesia sudah dipimpin oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang bagi Ramos Horta telah berusaha memenuhi harapan masyarakat Papua, yaitu memperoleh kesempatan lebih luas untuk mendapat pendidikan dan pekerjaan.


Bahkan ia menyebut Presiden Jokowi lebih aspiratif dalam mendengar keluhan rakyat Papua hingga ia pun merasa percaya terhadap pemerintahan mantan Gubernur DKI tersebut.


Bagi Ramos Horta, pendidikan rakyat Papua bisa membuatnya selamat sebagai sebuah bangsa di dalam negara Indonesia karena tak ada bangsa besar yang selamat tanpa rakyat yang berpendidikan.


“Untuk pertama kali saya melihat ada sebuah kesempatan sejati bagi Pemerintah Indonesia untuk mendengarkan keinginan rakyat Papua,” ungkap Ramos Horta.


“Mereka mendengarkan serta melakukan lebih banyak pembangunan untuk wilayah Papua ntuk menciptakan kesempatan kerja dan belajar.”


Horta percaya bahwa tujuan Pemerintah Indonesia, yaitu untuk meningkatkan ekonomi Papua serta sumber daya alam maupun manusia yang ada.


Selain itu juga tentu saja untuk mengakhiri pelanggaran HAM dan memperoleh kembali kepercayaan rakyat Papua


“Saya percaya dengan tujuan yang ingin dicapai Persiden Joko Widodo dan pemerintahnya terhadap rakyat Papua,” ungkap Ramos Horta.


“Masyarakat internasional akan membantunya melaksanakan kebijakan ini. Pertama kalinya saya melihat komitmen serius Jakarta untuk mengatasi konflik Papua,” tandasnya.


Sumber: terkini.id

Baca Juga:

Annisa Pohan Kutip QS. Al Baqorah [2]: 291, Netizen: Ayat Sudah Di Mark Up Segitu Banyak, Kadrun Laknatullah Diem-Diem Bae

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...