Headline

Opini

SOROT

Sports

Empat Putri Quraish Shihab yang Sukses di Bidangnya Masing-Masing

          Empat Putri Quraish Shihab yang Sukses di Bidangnya Masing-Masing
Empat Putri Quraish Shihab yang Sukses di Bidangnya Masing-Masing.

Empat Putri Quraish Shihab yang Sukses di Bidangnya Masing-Masing
QURAISH Shihab, ulama tafsir kenamaan Indonesia, bersama istrinya Fatmawati Assegaf memiliki lima orang anak. Empat orang di antaranya adalah perempuan yang sukses di bidangnya masing-masing. Ada yang sukses di bidang pendidikan, di bidang jurnalistik, dan ada pula yang berhasil di bidang kesehatan dengan menjadi dokter.


Kisah kesuksesan mereka dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi perempuan muda lainnya. Siapa sajakah keempat putri Quraish dan seperti apa kisah kesuksesan mereka? Yuk, simak kisahnya!


Anak pertama Quraish dan Fatmawati bernama Najelaa Shihab atau biasa dipanggil Ela. Dirinya aktif di dunia pendidikan. Ela memilih bidang pendidikan karena ingin mengatasi berbagai permasalahan di dalam negeri yang disebabkan oleh pendidikan kurang ideal.


Ela pernah menyatakan bahwa ia melihat banyak sekali masalah yang ada di negeri ini disebabkan oleh pendidikan. Misalnya saja, adanya Intoleransi, tingkat korupsi tinggi, lingkungan tidak terjaga, dan masih banyak lagi.


Pada 1999, ia mendirikan Sekolah Cikal. Pemikiran membuka sekolah ini bermula ketika Ela yang saat itu menjadi ibu muda mengalami kesulitan mencari sekolah untuk anaknya. Hingga kini, Sekolah Cikal menjadi besar dan menjadi salah satu sekolah favorit para orang tua. Sekolah Cikal disukai karena mengedepankan proses pembelajaran menyenangkan dan bermakna.


Tak berhenti di situ, Najelaa tetap terus aktif membuat komunitas dan gerakan di bidang pendidikan hingga kini. Misalnya, ia mendirikan situs inibudi.org pada 2012 untuk menjadi wadah video pendidikan yang dibuat oleh guru dan siswa. Pada 2016, Najelaa membuat gerakan Semua Murid Semua Guru. Gerakan ini mengajak masyarakat untuk ikut memajukan pendidikan, terutama di daerah pelosok. Lalu pada 2019, Najelaa juga membuat aplikasi blended learning pertama di Indonesia yang ia beri nama Sekolahmu.


Kemudian, putri Quraish dan Fatmawati yang kedua adalah Najwa Shihab. Namanya mungkin sudah tidak asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sosoknya sering berlalu lalang di televisi nasional dan berbagai media lainnya dengan opininya yang begitu kritis. Nama Najwa sendiri memang memiliki arti percakapan atau bisikan.


Karier Nana, panggilan akrab Najwa, di dunia jurnalistik bermula ketika ia bergabung sebagai wartawan magang di stasiun televisi (TV) RCTI. Namun, namanya baru terdengar saat ia bergabung di Metro TV. Karier Nana di Metro TV pun terus melejit hingga ia memiliki program sendiri bernama Mata Najwa dan menjabat sebagai Wakil Pemimpin Redaksi Umum.


Setelah delapan tahun berkarier di Metro TV, akhirnya Nana memutuskan untuk mengundurkan diri dan pindah ke Trans 7. Di sana, ia masih membawakan program Mata Najwa. Di Mata Najwa, Nana banyak membahas isu hangat terkait kebijakan pemerintah. Dirinya pun banyak melakukan wawancara dengan pejabat pemerintah. Nana terkenal sering membuat para pejabat tersebut kesulitan menjawab pertanyaan-pertanyaannya yang begitu tajam.


Pada 2018, istri dari Ibrahim Assegaf ini mendirikan perusahaan beritanya sendiri yang bernama Narasi TV. Program Narasi TV hadir melalui beberapa platform seperti YouTube dan Instagram. Subscriber-nya di YouTube mencapai 279.000, sedangkan pengikutnya di Instagram sebanyak 889.000. 


Sepanjang kariernya, Nana juga sudah meraih banyak penghargaan. Contohnya, Presenter Talkshow Berita & Informasi Terfavorit dari Panasonic Gobel Awards 2015, Presenter Talk Show Current Affair & News Panasonic Gobel Awards 2017, dan Presenter Pemilukada Terbaik dari Badan Pengawas Pemilu pada 2017.


Setelah Nana, Nasywa Shihab adalah putri Quraish dan Fatmawati yang ketiga. Mengikuti jejak sang ayah, perempuan yang biasa dipanggil Chacha ini menempuh pendidikannya di Universitas Al-Azhar Cairo, Mesir. Di sana, ia berhasil meraih gelar doktor bidang Ilmu Tafsir. Saat itu, masih jarang ada orang Indonesia yang memperoleh gelar doktor utamanya dari Universitas Al-Azhar.


Kini, Chacha aktif membangun beberapa bisnis. Salah satunya bisnis pakaian anak yang bernama @madeinheavenkids. Dirinya juga membuat situs cariustadz.id yang menghubungkan ummat dengan ustadz yang ramah dan berkompeten dari seluruh penjuru Indonesia.


Terakhir ada Nahla Shihab, putri keempat sekaligus anak terakhir Quraish dan Fatmawati. Nahla merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Kini, dirinya pun berprofesi sebagai dokter. Berbeda dengan kakak-kakaknya yang lain, Nahla jarang terekspos media.


Di tengah pandemi Covid-19 ini, Nahla pernah membagikan tips membuat cairan disinfektan sendiri dari rumah. Tips yang kemudian diunggah oleh sang kakak, Najwa, itu pun ramai dibicarakan publik. Selain itu, ia juga meluncurkan buku Covid-19: Kupasan Ringkasan yang Perlu Anda Ketahui. Buku ini memberikan klarifikasi tentang informasi simpang siur mengenai Covid-19 yang selama ini beredar di tengah masyarakat.


Itu adalah kisah keempat anak perempuan Quraish Shihab yang sukses di bidangnya masing-masing. Begitu menginspirasi ya?


Penulis Amanda Anggita, Anggota Perempuan Indonesia Satu.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...