Prabowo Masih Jadi Pilihan Akar Rumput Gerindra, Puan Kandidat Cawapres Terkuat di Survei

Prabowo Masih Jadi Pilihan Akar Rumput Gerindra, Puan Kandidat Cawapres Terkuat di Survei
BENTENGSUMBAR.COM - Nama Prabowo Subianto masih menjadi kandidat paling kuat yang bakal diusung Partai Gerindra dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2021 mendatang. Hal tersebut disampaikan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.


Dia menyebut Partai Gerindra belum memutuskannya, walau akar rumput di bawah tetap mengusulkan Prabowo.


"Ya kalau dari akar rumput ya banyak lah nyebut Pak Prabowo, tapi kan belum kita putusin," kata Dasco di Kompleks Parlemen DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 10 Juni 2021.


Namun ada nama lain di internal Gerindra yang memiliki elektabilitas cukup tinggi, salah satunya Sandiaga Uno. Akan tetapi menurut Dasco, belum ada pembicaraan.


Diketahui di beberapa survei, Sandiaga memiliki elektabilitas menjadi kandidat calon wakil presiden untuk 2024.


"Ya sementara masih itu (Prabowo). (Sandiaga) belum," kata Dasco.


Dasco mengatakan Gerindra sampai saat ini masih melakukan konsolidasi di internal. Sehingga belum ada pembicaraan lebih jauh menyoal pemilihan presiden mendatang.


Pembahasan ihwal pencapresan, diungkapkan Dasco, baru dilakukan menjelang penyelenggaraan pilpres itu sendiri.


"Biasanya injury time kita baru tentuin. Ini kita lagi konsolidasi partai dulu," ujarnya.


Sementara itu, dalam survei yang dilakukan Y-Publica, nama Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani disebut sebagai kandidat terkuat dalam bursa Calon Wakil Presiden (Cawapres).


Berdasarkan survei, Puan Maharani memiliki elektabilitas paling tinggi di antara sejumlah nama populer lainnya yakni mencapai 16,2 persen.


Dalam daftar survei cawapres itu, ada sejumlah tokoh yang cenderung berada di luar empat besar bursa Calon Presiden (Capres).


Seperti diketahui, ada empat nama yang sering mendominasi bursa Capres, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Ridwan Kamil, dan Anies Baswedan.


“Di antara tokoh-tokoh yang kurang diunggulkan sebagai capres, Puan Maharani merupakan kandidat terkuat dalam bursa cawapres,” ungkap Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono pada Rabu (26/5/2021) dikutip Terkini.id--jaringan Suara.com.


Setelah Puan, disusul Sandiaga Uno dengan perolehan suara 15,6 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono dengan perolehan 10,1 persen. Setelah itu ada sejumlah tokoh lain, antara lain Erick Thohir, Mahfud MD, Tri Rismaharini, Khofifah Indar Parawansa, Airlangga Hartarto, dan Susi Pudjiastuti.


Survei Y-Publica ini dilakukan pada 1-10 Mei 2021 terhadap 1.200 orang penduduk Indonesia. Survei dilakukan melalui sambungan telepon kepada responden yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2018. Sedangkan margin of error survei ini, yaitu kurang lebih 2,89 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.


Source: Suara.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »