Opini

Parlemen

Sports

Sindir AHY, Indo Barometer: Jangankan Capres Jadi Cawapres Gak Laku

          Sindir AHY, Indo Barometer: Jangankan Capres Jadi Cawapres Gak Laku
Sindir AHY, Indo Barometer Sebut Jangankan Capres Jadi Cawapres Gak Laku.

Sindir AHY, Indo Barometer: Jangankan Capres Jadi Cawapres Gak Laku
BENTENGSUMBAR.COM - Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menyindir pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mengaku siap jika diusung jadi Capres di Pilpres 2024 mendatang.


Indo Barometer menilai, harapan AHY untuk maju Capres tersebut mustahil terwujud. Bahkan, kata Qodari, menjadi Cawapres pun menurutnya agak sulit.


Pasalnya, menurut Qodari, nilai elektoral AHY terbilang stagnan jika dibandingkan para pesaing lainnya.


Menurutnya, seandainya pola tersebut berlanjut dan tidak ada perubahan maka jangankan calon presiden menjadi calon wakil presiden saja rasa-rasanya sulit.


“Saya enggak liat ada perkembangan elektabilitas AHY yang signifikan dibandingkan tahun 2019 lalu. Jadi saya kira sementara kalau polanya seperti ini di 2024 ya kejadiannya sama dengan 2019. Jangankan capres, jadi cawapres pun enggak ada yang mau menggandeng,” ujar Qodari, Senin 31 Mei 2021 seperti dikutip dari Merdeka.com.


Menurut Qodari, jika melihat konstalasi politik hari ini niat AHY maju sebagai Capres terdengar mustahil. Sebab, elektabilitas putra SBY itu dalam survei calon presiden tidak mendekati Prabowo Subianto maupun Anies Baswedan.


“Kalau melihat konstelasi sekarang sih rasanya sulit ya untuk maju calon presiden karena elektabilitasnya belum menjadi 2 besar atau 3 besar masih kalah dengan Prabowo, Anies sehingga enggak ada yang tertarik untuk mendukung jadi capres,” tuturnya.


Selain itu, Qodari menilai Partai Demokrat memiliki jumlah kursi yang terbatas. Partai berlambang Mercy itu hanya memiliki 54 kursi atau 7,77 persen suara di DPR. Jauh dari ambang batas 20 persen sehingga membutuhkan koalisi 2-3 partai.


“Di sisi lain kan kursi Demokrat terbatas jauh dari persyaratan 115 kursi. Jadi enggak mungkin maju sendiri,” jelasnya.


Lantaran hal itu, Pimpinan Indo Barometer ini pun beranggapan akan sulit bagi AHY maju sebagai Capres maupun Cawapres.


“Seperti pengalaman di 2019 ketika SBY menawarkan AHY untuk jadi calon wakilnya Jokowi dan Prabowo. Dua-duanya kan enggak mau,” ungkap Qodari.


Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengungkapkan keyakinan dan kesiapannya maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.


AHY mengaku jika Partai Demokrat mengamanahkannya maju di Pilpres maka ia sudah siap menjalankan amanah itu.


Hal itu disampaikan AHY dalam sesi bincang-bincang dengan Merdeka.com, seperti dilihat pada Minggu 30 Mei 2021.


“Jadi saya melihatnya, saya itu terbiasa untuk terus menjalankan amanah apapun yang saya dapatkan. Apalagi kalau amanah itu berasal dari para pemegang hak suara yang sah di Partai Demokrat,” kata AHY.


AHY juga memastikan bahwa saat didaulat menjadi Ketua Umum Partai Demokrat dirinya sudah langsung melakukan konsolidasi untuk meningkatkan peluang-peluang yang ada di masa depan.


“Termasuk juga elektabilitas partai ini, tapi kalau ada harapan-harapan lainnya tentu kita harus siapkan bersama-sama,” ujarnya.


Source: terkini.id

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...