Ajak Teladani Nabi Ibrahim, Jokowi: Kita Perlu Mengorbankan Kepentingan Pribadi

Ajak Teladani Nabi Ibrahim, Jokowi: Kita Perlu Mengorbankan Kepentingan Pribadi
BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh umat muslim untuk bisa memetik hikmah pengorbanan yang dilakukan Nabi Ibrahim AS terkait peringatan hari raya Idul Adha 2021.


Sebab, pada perayaan tahun ini umat muslim di Indonesia harus dihadapkan dengan situasi kritis akibat penyebaran Covid-19.


Jokowi menceritakan kalau Nabi Ibrahim AS telah mewariskan keteladanan kepada umat muslim di mana betapa pentingnya keimanan, ketakwaan, keikhlasan untuk berkorban tanpa keraguan demi menjalankan perintah Allah SWT.


Keteladanan itu sejatinya bisa diamalkan oleh umat muslim pada kondisi sekarang ini.


"Di tengah pandemi saat ini kita perlu kesediaan lebih banyak berkorban banyak lagi. Mengorbankan kepentingan pribadi dan mendahulukan kepentingan masyarakat serta sesama," kata Jokowi dalam acara Takbir Akbar Virtual yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 19 Juli 2021 malam.


Dengan melihat situasi akan dampak dari penyebaran Covid-19 sekarang ini, Jokowi menilai hal tersebut menjadi momen yang tepat untuk menguatkan solidaritas dalam semangat persaudaraan, ukhuwah Islamiyah, ukhuwah watoniyah dan ukhuwah isnaniyah.


Menurutnya itu akan mampu melipatgandakan energi sesama manusia untuk menghimpun kekuatan serta optimis bangkit bersama.


Selain itu, Jokowi juga mengajak umat muslim untuk mengoptimalkan ikhtiar lahiriyah dan ikhtiar batiniyah.


"Kita berikhtiar bersama dengan disiplin mematuhi prokes memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengisolasi diri bagi yang bergejala dan memberikan bantuan untuk sesama," ucapnya.


Lebih lanjut, Jokowi juga kembali mengajak umat muslim untuk memetik hikmah pengorbanan Nabi Ibrahim AS.


Itu bisa dipraktikkan ketika perayaan hari raya Idul Adha di mana umat muslim harus menggelar takbir dan salat di rumah masing-masing.


Terakhir, ia pun mengajak seluruh umat muslim untuk bisa mendoakan supaya pandemi Covid-19 segera berakhir dan untuk pasien-pasien yang tengah berjuang bisa diberikan kesembuhan.


"Semoga Allah swt memberikan kesabaran dan kekuatan bagi kita smeua dalam menghadapi ujian dan cobaan. Semoga Allah SWT meridai dan memudahkan semua upaya dan langkah-langkah kita sampai kita mencapai kemenangan melawan pandemi Covid-19 ini. Amin, amin, ya rabbal alamin."


Source: Suara.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »