Beredar Video Hoax, Sebut Puluhan Ribu TKA China di Morowali Demo: Kalau Mereka Berontak Hancur Sudah

Beredar Video Hoax, Sebut Puluhan Ribu TKA China di Morowali Demo: Kalau Mereka Berontak Hancur Sudah
BENTENGSUMBAR.COM - Sebuah video yang menyebut puluhan ribu tenaga kerja asing (TKA) asal China di perusahaan tambang nikel Morowali Utara, Sulawesi Tengah melakukan aksi demo viral di media sosial dan sejumlah grup perpesanan WhatsApp.


Diketahui, video tersebut adalah video lama yang disebarkan kembali. Pelaku penyebar video itu pun sudah ditangkap kepolisian pada 2019 silam.


Video yang mengklaim puluhan ribu TKA China di Morowali demo tersebut diunggah pengguna TikTok Emn68, seperti dilihat pada Jumat 9 Juli 2021.


Pada narasi unggahan video itu, disebutkan peristiwa demo TKA China itu terjadi di sebuah perusahaan tambang nikel yang berlokasi di kawasan Bungku Morowali Utara.


“Ribuan orang China bikin ulah dan demo di Morowali Utara bagian Bungku Tambang Nikel Bahodopi, Sulawesi Tengah. Kalau sudah begini mau bagaimana,” demikian narasi yang tertulis dalam video itu.


Dilihat dari video tersebut, tampak ribuan TKA China keluar dari sebuah pabrik. Sementara di sekitar mereka, terlihat kendaraan Water Cannon dan mobil patroli aparat kepolisian tengah siaga.


Dalam video itu juga terdengar suara seorang pria yang menyebut puluhan ribu TKA China di perusahaan Morowali itu sedang berbuat ulah dengan melakukan aksi demo.


“Puluhan ribu TKA China di Morowali buat ulah. Ratusan ribu bahkan. Mana tidak ada pekerja China? Ini ada nih. China-nya banyak banget, membludak di perusahaan Morowali. Membahayakan, Subhanallah,” ujar pria itu.


Ia pun mengaku heran, mengapa pemerintah masih menutup mata dengan keberadaan para TKA China tersebut dan bukannya mengusir mereka.


“Udah banyak begini masih tutup mata pemerintah, bukannya diusir. Ngeri ini, mereka mulai demo. Mulai keluar dari sarang. Gimana kalau mereka ribut, hancur sudah Morowali,” tuturnya.


Selanjutnya, pria itu menyindir Presiden Jokowi dengan sebutan ‘Joko Tingkir hebat’ yang menurutnya telah membiarkan TKA China masuk ke Indonesia.


Selain itu, kata pria tersebut, apabila puluhan ribu TKA China itu memberontak maka dirinya meyakini Pulau Sulawesi akan hancur.


“Hebat Joko. Joko Tingkir hebat. Ngeri kalau mereka ini (puluhan ribu TKA China) berontak, hancur sudah Sulawesi,” ucapnya.


Maka dari itu, pria dalam video viral tersebut meminta agar pemerintah segera memulangkan para TKA China di Morowali itu lantaran telah membuat masyarakat Indonesia resah.


“Wajib dipulangkan ini TKA China, membuat resah. Banyak banget Subhanallah. Ini baru satu kabupaten, belum lagi di mana-mana, wah hancur sudah kalau mereka berontak ini,” ujarnya.


Video Hoax


Sementara itu, Humas PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) Dedy Kurniawan mengklarifikasi bahwa info video yang beredar tersebut adalah kejadian pada bulan Januari tahun 2019 lalu. 


“Demo adalah demo karyawan indonesia yang minta kenaikan gaji. Jadi yang demo bukan TKA China,” ujar Dedy dalam keterangan tertulisnya kepada terkini.id, Jumat 9 Juli 2021.


“Pelaku yang membuat video hoax itu adalah penjual batagor yang bermukim di kota bogor dan sudah ditangkap polisi pada Januari 2019,” jelasnya.


Source: terkini.id

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »