Pola Didik Anak Perempuan untuk Tingkatkan Kapasitasnya

Pola Didik Anak Perempuan untuk Tingkatkan Kapasitasnya
SECARA umum dalam mendidik dan membesarkan anak perempuan atau laki-laki orang tua sebaiknya menerapkan pendidikan yang sama dan setara. Namun, tetap perhatikan karakter mereka dalam melakukan pendekatan pendidikan antara anak perempuan dengan laki-laki.


Dalam cara medidik anak perempuan sangat penuh tantangannya karena anak perempuan memiliki perasaan dan perilaku yang berbeda dengan anak laki-laki. Anak perempuan bisa dibilang lebih peka secara emosi, apalagi di tahap awal pencarian pada jati dirinya.


Satu hal yang penting untuk dilakukan adalah komitmen dalam menyepakati pola didik untuk anak-anak antara ibu dan ayah. Dengan begitu, dapat membentuk sinergi yang sangat baik, sehingga anak-anak dapat tumbuh menjadi pribadi dewasa dan dapat membangun kesuksesan di masa yang akan datang.


Pola didik orang tua terhadap anak adalah suatu keterlibatan interaksi antara orang tua dengan anak. Orang tua memiliki peran untuk mendidik anak dan memantau perkembangan mereka, baik itu tingkah laku dan pengetahuan. Selai nitu, orang tua juga bertanggung jawab atas nilai-nilai yang dianggap dapat memotivasi anak terhadap perkembangan kognitif mereka.


Perkembangan setiap anak tentunya tidak bisa disamaratakan karena setiap individu anak mempunyai perkembangan emosi serta kognitif yang berbeda. Hal ini ditunjukkan seiring dengan perubahan usia pada anak, semakin besar pula perkembangan kognitif pada anak. Oleh karena itu, orang tua perlu mendukung perkembangan psikologi pada anak agar terus menjadi lebih baik dan mereka mengeksplorasi diri serta kemampuannya.


Agar buah hati tumbuh menjadi wanita dewasa yang tangguh dan berkepribadian yang baik, berikut ada beberapa cara mendidik anak perempuan untuk meningkatkan kapasitasnya.


1. Memberikan Kasih Sayang


Kasih sayang orang tua terhadap anak adalah suatu bentuk perhatian orang tua dalam mengekspresikan perasaan kepada anak agar merasakan interaksi yang baik. Kasih sayang tersebut seperti halnya memeluk, mencium, dan membuka dialog secara akrab, sehingga kasih sayang yang orang tua berikan akan mendapatkan feedback yang baik pada anak.

 

2. Menanamkan Unsur Keagamaan dan Moral Sejak Dini


Pentingnya nilai agama dan moral bagi anak usia dini dalam hal ini tentu orang tualah yang paling bertanggung jawab. Pasalnya, pendidikan yang utama dan pertama adalah pendidikan dalam keluarga.

 

Pada masa usia dini adalah masa perkembangan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, moral, dan agama pada anak. Peran orang tua juga sangat berpengaruh bagi tingkat keimanan anak untuk mengenal siapa itu Tuhan-nya, bagaimana kewajiban manusia terhadap tuhan.

 

Sehingga Perkembangan nilai-nilai moral dan agama adalah kemampuan anak untuk bersikap dan bertingkah laku. Hal ini menyebabkan perlunya pengembangan pembelajaran terkait nilai-nilai moral dan agama.

 

3. Menjadi Panutan Terbaik untuk Anak


Pengaruh yang positif sangat baik bagi anak, maka dari itu orang tua memiliki kewajiban untuk memberikan contoh dan pengaruh yang positif untuk anak-anaknya. setiap orang tua memiliki peran penting bagi anak-anaknya dalam menanamkan citra positifnya untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan anak yang baik.

 

4. Membentuk Anak Perempuan Menjadi Pribadi Mandiri


Anak-anak dapat didorong untuk menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab atas banyak pengalaman dan situasi yang berbeda. Oleh karena itu, dibutuhkan pola asuh yang tepat, supaya anak tidak merasa terabaikan, melainkan merasa diberi kepercayaan untuk bisa melakukan segala hal sendiri. Pastinya ada beberapa hal yang harus orang tua ketahui dalam mendidik anak perempuan, dimulai dari kehidupan sehari-harinya, cara mereka berpakaian, cara mereka bermain, dan beberapa hal lainnya.

 

5. Mempersiapkan Pendidikan Anak


Orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya, zaman berkembang dan sekarang siapa pun mempunyai peluang yang sama untuk meraih cita-cita dan posisi dalam masyarakat sesuai ambisinya. Gender tidak lagi menjadi prioritas, karena perempuan juga mampu memiliki kompetensi dan kecakapan yang sama dengan pria. termasuk memastikan langkah awal anak dalam hidup dan karir ke depannya.

 

Untuk semua tipe orangtua, satu hal yang harus disadari adalah semakin dini orang tua mempersiapkan pendidikan anak-anak, maka bebannya pun akan semakin ringan. Asuransi jiwa terkait investasi bisa menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan sang buah hati.

 

Penulis: Imelda, Anggota Perempuan Indonesia satu

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »