2 Politikus PDIP Kritik Keras Jokowi dan Luhut, Pengamat: Mencoba Mencari Langkah Aman

2 Politikus PDIP Kritik Keras Jokowi dan Luhut, Pengamat: Mencoba Mencari Langkah Aman
BENTENGSUMBAR.COM - Politikus PDIP Effendi Simbolon dan Masinton Pasaribu mengkritik Presiden Joko Widodo dan Luhut Binsar Pandjaitan. Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs, Ahmad Khoirul Umam, menilai PDIP tengah mencari langkah aman.


"PDIP mencoba mencari langkah aman, dengan tidak membela kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 ini secara membabi buta," kata Umam, dilansir dari jitunews.com pada Rabu, 4 Agustus 2021


Menurutnya, Masinton dan Effendi melihat ada celah kelemahan pemerintah dalam menangani pandemi.


"Hal itu mengindikasikan bahwa PDIP juga telah melihat sejumlah celah-celah kelemahan pendekatan pemerintah, baik dalam penanganan pandemi maupun penyelamatan ekonomi," ujar Umam.


Umam menilai dengan menjaga jarak dengan pemerintah maka bisa membuat PDIP terhindar dari masyarakat yang menyalahkan pemerintah.


"Dengan berstrategi mengambil jarak dari pemerintah, PDIP bisa terhindar jika masyarakat Indonesia kelak menyalahkan pemerintah terkait dengan penanganan pandemi yang telah mengorbankan nyawa rakyat yang tidak tertangani secara medis dengan memadai," imbuhnya.


Umam mengatakan bahwa penilaian kritis atas kinerja pemerintah sudah bermunculan dari berbagai kalangan.


"Penilaian kritis terhadap kualitas kinerja pemerintah itu kini sudah mulai bermunculan dari kalangan masyarakat sipil maupun media-media di luar negeri. Dengan demikian, sejumlah komentar kritis para politisi PDIP merupakan ikhtiar untuk menyediakan 'sekoci' jika arus kritisisme masyarakat terus berkembang dan dampak sosial-ekonomi akibat pandemi semakin tidak terkendali," ujar Umam.


(*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »