Gubernur Sumbar Nilai Bupati/Wali Kota Punya Komitmen Tinggi Tangani COVID-19

Gubernur Sumbar Nilai Bupati/Wali Kota Punya Komitmen Tinggi Tangani COVID-19
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menilai Bupati dan Wali Kota di provinsi memiliki komitmen yang tinggi dalam hal upaya penanganan COVID-19 terbukti dari empat daerah yang menerapkan PPKM level 4, saat ini tinggal satu daerah yaitu Kota Padang.


"Komitmen Bupati dan Wali Kota cukup tinggi untuk memerangi COVID-19 ini. Bahkan ada yang berinisiatif untuk mengundang Dinas Kesehatan Sumbar guna mengevaluasi penanganan dan kondisi penyebaran COVID-19 di daerahnya," katanya usai Rapat Koordinasi Gubernur dan Bupati/Wali Kota terkait penanganan COVID-19 di Padang, Selasa, 10 Agustus 2021.


Ia juga mengapresiasi beberapa daerah yang tetap menerapkan kebijakan pembatasan seperti PPKM level 4 padahal daerahnya sudah ditetapkan untuk menerapkan PPKM level 3 seperti di Kota Solok. Beberapa daerah juga melaporkan adanya penurunan kasus aktif dan angka kematian seperti di Sawahlunto.


Namun demikian ada pula beberapa daerah yang tingkat kematiannya tinggi tetapi jumlah testingnya rendah. Untuk daerah ini Pemprov Sumbar akan membantu proses testing menggunakan mobil swab Dinas Kesehatan. "Kita ada beberapa armada mobil swab PCR. Kita bantu daerah-daerah yang minim testing ini untuk mempercepat penanganan COVID-19," katanya. 


Dalam rapat koordinasi tersebut juga dibahas tentang kebutuhan vaksin di kabupaten dan kota di Sumbar. Gubernur Mahyeldi mengatakan stok yang tersedia di Sumbar saat ini ada 100 ribu dosis yang akan segera didistribusikan ke daerah. "Kita juga akan dapat tambahan vaksin dari pusat dalam beberapa hari ke depan sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo. Semua kita distribusikan ke daerah," ujarnya.


Selain itu Gubernur meminta dukungan Bupati dan Wali Kota terkait data kebutuhan oksigen di masing-masing Rumah Sakit di daerah terutama yang melayani pasien COVID-19. Karena belum semua RS yang rutin melaporkan informasi kebutuhan oksigen tersebut. "Ini untuk menghindari informasi yang bias terkait kebutuhan oksigen di RS. Ke depan, penerapan protokol kesehatan harus semakin dipertegas karena menyelesaikan persoalan dari hulu akan sangat membantu penanganan di hilir," ujarnya.


Sementara itu Ahli epidemiologi dari Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, Defriman Djafri dalam paparannya menyebutkan bahwa risiko kematian menjadi tinggi apabila pasien menderita gejala lebih banyak dan memiliki penyakit bawaan atau komorbid. "Angka kematian paling tinggi itu adalah usia rentang 60-69 tahun," katanya.


Ia juga menyebutkan bahwa risiko kematian pasien yang tidak divaksin dan baru mendapatkan vaksin pertama juga lebih tinggi dibandingkan yang telah mendapatkan dua kali suntikan vaksin. Dalam kesempatan itu ia merekomendasikan agar diupayakan ada kategori penilaian indeks penerapan prokes sehingga bisa dipantau secara berkala dan dijadikan dasar untuk mengambil kebijakan. (Budi)


#BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »