Headline

Opini

PADANG

Sports

Keraton Surakarta dan Pura Mangkunagaran Tiadakan Kirap Pusaka

          Keraton Surakarta dan Pura Mangkunagaran Tiadakan Kirap Pusaka

Keraton Surakarta dan Pura Mangkunagaran Tiadakan Kirap Pusaka
BENTENGSUMBAR.COM -  Keraton Surakarta Hadiningrat tahun ini kembali meniadakan upacara adat, kirap pusaka malam 1 Suro. 


Hal ini disebabkan pagebluk corona yang belum kelar. Meski demikian, Keraton Surakarta tetap mengadakan acara wilujengan terbatas  di daam keraton.


“Bagi para abdi dalem silakan berdoa di rumah masing masing, menyambut pergantian tahun Jawa. Pergantian tahun itu jatuh pada Senin, 9 Agustus,” kata Pengageng Lembaga Dewan Adat, GKR Koes Moertiyah Wandansari  kepada BENTENGSUMBAR.COM, Sabtu, 7 Agustus 2021.


Pura Mangkunagaran juga melakukan hal yang sama, meniadakan kirap pusaka malam 1 Suro. 


Menurut Humas Mangkunegaran, Joko Pramedyo, pandemi menjadi pertimbangan utama kembali ditiadakannya agenda kirab pusaka tahun ini. Pasalnya, kirab pusaka memiliki potensi terbentuknya kerumunan.


“Ini tahun kedua agenda kirab pusaka ditiadakan. Karena ini kan masih PPKM level 4. Belum ada pelonggaran,” ujarnya, Jumat, 6 Agustus 2021.


Selain itu, kondisi di Pura Mangkunegaran saat ini juga tengah renovasi oleh PUPR. Peniadaan agenda kirab pusaka diharapkan tidak akan mengganggu proses renovasi yang dilakukan saat ini.


“Kirab ditiadakan, tapi kalau Jamasan pusaka dan Wilujengan masih tetap diadakan secara internal. Penerapannya nanti tetap dengan prokes ketat,” pungkas Joko.


Laporan: Reko Suroko

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...