Keunikan "Rabab Pasisie" Berpotensi Pikat Wisatawan Dunia

BENTENGSUMBAR.COM - Keunikan "Rabab Pasisie" atau sering juga disebut Babiola berpotensi menjadi daya pikat utama yang bisa ditonjolkan Kabupaten Pesisir Selatan untuk menarik wisatawan dunia yang ingin menikmati budaya-budaya lokal.

"Budaya dan seni tradisi lokal yang unik ini adalah salah satu magnet yang sangat kuat untuk bisa menarik wisatawan dunia datang ke Pesisir Selatan. Karena itu Pemprov Sumbar mendukung penuh pelestarian budaya yang bernilai tinggi ini," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi saat membuka secara resmi Festival Bahari Kabupaten Pesisir Selatan "Rabab Pasisie" di Amphitheater Sungai Nyalo, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu, 7 Agustus 2021.

Menurutnya di masa pandemi seni tradisi seperti Rabab Pasisie bisa dipoles dan dikemas agar bisa menarik untuk dinikmati secara daring atau online melalui beberapa platform media sosial.

Dengan demikian calon wisatawan dari seluruh dunia bisa terjangkau, sehingga nanti saat pandemi berakhir mereka berkeinginan untuk datang dan melihat langsung kesenian tersebut.

Saat itu Pemkab Pesisir Selatan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk mensosialisasikan seni budaya unik lainnya atau spot-spot wisata yang bisa memberikan hiburan dan kenyamanan bagi wisatawan.

Sebagai bentuk dukungan dari Pemprov Sumbar, Gubernur Mahyeldi menyebut akan rutin menampilkan seni seni tradisi yang unik tersebut di panggung Istana Gubernuran.

"Kita sudah perbaiki fasilitas panggung sehingga bisa dimanfaatkan untuk menampilkan kelompok seni tradisi dari masing-masing daerah di Sumbar. Kita juga akan siapkan liputan media yang lebih masif sehingga kesenian tersebut benar-benar bisa dikenal oleh semua orang," katanya.

Ikut hadir dalam acarabitu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial, Forkopimda Pessel dan Himpunan Seniman Babiola Pessel. (Budi)

#BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »