Headline

Opini

PADANG

Sports

Novelis Perempuan Pertama di Indonesia Ternyata Berasal dari Talamau Pasbar

          Novelis Perempuan Pertama di Indonesia Ternyata Berasal dari Talamau Pasbar
Novelis Perempuan Pertama di Indonesia Ternyata Berasal dari Talamau Pasbar.
BENTENGSUMBAR.COM - Warga Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dibuat penasaran oleh sosok Penulis Novel Perempuan Pertama di Indonesia, "Selasih Selaguri" yang Viral di Google Noodle dalam beberapa hari terakhir. 

Siapa sangka, penulis Novel yang berjudul "Kalau Tak Untung" itu merupakan, perempuan Minangkabau yang berasal dari daerah Kecamatan Talamau, tepatnya dari Nagari Sinuruik Tersebut.

Salah seorang Perwakilan Pemuda Nagari Sinuruik, Yuheldi mengatakan, dirinya sangat terkejut sekaligus merasa bangga mengetahui, Penulis Perempuan yang Berdarah Minangkabau tersebut, merupakan warga asli di dekat tempat tinggalnya.

Mengetahui hal tersebut, Ia dan sejumlah anak muda Sinurik lainnya merasa tertarik untuk mengetahui alamat pasti dan mengenal lebih dalam Penulis Perempuan yang lahir di Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatra Barat, pada 31 Juli 1909 lalu itu.

"Beberapa hari ini, Google Noodle menampilkan sosok perempuan Minangkabau yang memakai "Tikuluak Usang" merupakan Penulis Terkenal di Indonesia. Atas dasar itu, kami dibuat penasaran sekaligus mencari tahu dimana sebenarnya detail Alamat Selasih Selaguri tersrbut," ujarnya kepada BentengSumbar.com , Selasa, 3 Agustus 2021.

Yuheldi menambahkan, Pada hari Minggu, 1 Agustus 2021 tepatnya jam 21.30 malam, akhirnya Ia dan teman-temannya berhasil menemukan alamat asli Penulis dengan nama asli "Sariamin Ismail" tersebut. Saat sampai di salah satu rumah Koto Panjang, Nagari Sinuruik, rombongan disambut baik oleh sepasang suami istri yang masih merupakan kerabat dari sang novelis tersebut. 

"Alhamdulillah, dengan bermodalkan informasi yang sederhana, kami berhasil menemukan rumah kelahiran Selasih Selaguri yang viral tersebut. Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami, khususnya warga Sinuruik," ucap KAUR Kesra Nagari Sinuruik itu.

Yuheldi berharap, semoga dengan kesuksesan dan semangat terus bergerak penulis yang telah banyak menciptakan banyak karya-karya sastra tersebut, dapat memotifasi seluruh Generasi Muda di Nagari Sinuruik untuk menjadi orang besar dimasa yang akan datang. Selain berkarya, Selasih Selaguri juga dikenal aktif bergerak melalui organisasi.

"Semoga keberhasilan sosok Selasih Selaguri yang lahir, tumbuh dan berkembang di daerah, bisa menginspirasi seluruh Generasi Muda Sinuruik maupun, Generasi Muda Kabupaten Pasbar untuk menjadi orang besar dan terkenal di Seluruh Indonesia atau bahkan sampai ke Luar Negri," pungkas Yuheldi mengakhiri.

Laporan: Rido
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...