Headline

Opini

PADANG

Sports

Pantai Selatan Yogyakarta Bergejolak, BNKG Kirim Peringatan Dini Gelombang Tinggi

          Pantai Selatan Yogyakarta Bergejolak, BNKG Kirim Peringatan Dini Gelombang Tinggi
BENTENGSUMBAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG Yogyakarta mengumumkan peringatan dini gelombang tinggi yang diprediksi melanda Samudera Hindia selatan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, hingga Jawa Tengah.

"Tinggi gelombang kategori sangat tinggi, yakni empat sampai enam meter dan berpeluang terjadi mulai hari ini hingga Senin, 16 Agustus 2021," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Sleman, Yogyakarta, Ikhsan pada Sabtu, 14 Agustus 2021, seperti dikutip Tempo.co.

Kendati destinasi wisata di sepanjang pantai selatan Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat tutup karena kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, informasi ini penting untuk nelayan dan masyarakat yang tinggal di tepi pantai.

Di DI Yogyakarta, jelas Ikhsan, ada tiga kabupaten yang wajib mewaspadai geombang tinggi. Karena, lanjut dia,  wilayahnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tiga wilayah itu adalah Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Gunungkidul.

BMKG meminta masyarakat yang tinggal maupun beraktivitas di kawasan pesisir , yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada. "Perhatikan keselamatan dan risiko pelayaran, baik perahu nelayan, kapal tongkang, maupun kapal feri," kata Ikhsan.

Kepala Pelaksana Badan Peanggulangan Bencana Daerah atau BPBD DI Yogyakarta, Biwara Yuswantana mengatakan, telah menerima peringatan dini BMKG Yogyakarta dan menindaklanjutinya. Petugas BPBD berpatroli di sepanjang pantai di selayan Yogyakarta yang masih ditutup.

"Kami minta masyarakat jangan nekat mendekat ke pantai," kata Biwara.

"Jaga jarak ini bukan hanya untuk mencegah penyebaran Covid-19, tetapi juga mengantisipasi akibat gelombang tinggi kalau pergi ke pantai."

Biwara menjelaskan, gelombang tinggi yang terjadi di pantai selatan bertepatan Jawa bertepatan dengan puncak kemarau pada Agustus 2021.

Hingga kini belum ada laporan kerusakan bangunan maupun infrastruktur pantai di Yogyakarta akibat gelombang tinggi tersebut.

"Kami memantau, laporan kerusakan akibat gelombang tinggi terjadi di wilayah Purworejo dan Kebumen, Jawa Tengah," katanya. 
 
Laporan : Reko Suroko
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...