Headline

Opini

PADANG

Sports

PPKM, Ratusan TKA China Malah Masuk, Fadli Zon: Luar Biasa Bekingnya

          PPKM, Ratusan TKA China Malah Masuk, Fadli Zon: Luar Biasa Bekingnya

PPKM, Ratusan TKA China Malah Masuk, Fadli Zon: Luar Biasa Bekingnya
BENTENGSUMBAR.COM - Berdasarkan data Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soetta selama 1-9 Agustus 2021, terdapat 303 WNA dari Tiongkok yang masuk Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).


Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soetta Sam Fernando mengatakan secara total selama periode itu, terdapat 2.024 WNA yang masuk ke Indonesia lewat Bandara Soetta.


“Perinciannya, warga negara asal Tiongkok berjumlah 303 orang, warga negara Amerika Serikat sebanyak 249 orang dan ketiga dari Korea Selatan yang berjumlah 190 orang. Sisanya dari beberapa daerah,” kata Sam, Senin, 9 Agustus 2021.


Sam menuturkan, sebanyak 11.059 penumpang dari luar negeri melintas di Bandara Soetta pada awal Agustus 2021. Jumlah penumpang dari luar negeri yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) sebanyak 9.035, sedangkan 2.024 orang dari berbagai negara.


Sam menegaskan, setiap WNA yang masuk ke Indonesia telah memenuhi ketentuan dalam Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021. Misalnya, para pemegang visa diplomatik dan visa dinas, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, serta pemegang izin tinggal terbatas.


Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sepertinya tidak menjadi penghalang Warga Negara Asing (WNA) masuk ke Indonesia. Khususnya mereka yang berasal China.


Hal itu mendapat respons dari Politikus Partai Gerindra Fadli Zon. Menurut dia, pihaknya sebagai wakil rakyat sudah lelah mengingatkan pemerintah soal bahaya kebijakan itu.


“Luar biasa beking WNA Cina. Selamat datang. Sdh lelah kritik TKA di masa pandemi n PPKM,” kata Fadli Zon dikutip dari Fajar.co.id yang menyalin dari akun Twitternya, Selasa, 10 Agustus 2021.


Anak buah Prabowo Subianto itu menduga, mudahnya TKA asal China masuk ke Indonesia karena memiliki kedekatan dengan penguasa.


“Mereka memang dilindungi penguasa,” sebut Fadli Zon.


Source: radartegal.com

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...