Headline

Opini

PADANG

Sports

Sindir Luhut Pandjaitan Soal Herd Immunity, Fadli Zon: yang Mencla Mencle Buat Komentar Siapa?

          Sindir Luhut Pandjaitan Soal Herd Immunity, Fadli Zon: yang Mencla Mencle Buat Komentar Siapa?

Sindir Luhut Pandjaitan Soal Herd Immunity, Fadli Zon: yang Mencla Mencle Buat Komentar Siapa?
BENTENGSUMBAR.COM - Politikus Fadli Zon memberikan kritik soal beda target herd immunity yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.


Tak hanya beda capai target, baru-baru ini Luhut Binsar Pandjaitan juga mengaku jika herd immunity sulit terwujud.


Kesulitan ini terjadi karena tidak adanya vaksin yang 100 persen mujarab menghadapi Covid-19.


Pada Senin 2 Agustus 2021, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan formula pengendalian Covid-19.


"Apa itu formulanya (pengendalian Covid-19)? Adalah Coverage dari vaksianasi tinggi, 3M, dan 3T," tuturnya, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.


"Dan ini semua kami persiapkan untuk menahan endemik ini, karena herd immunity ini sulit dicapai karena efikasi pada setiap vaksin itu tidak ada yang 100%," kata Luhut Binsar Pandjaitan menambahkan.


Sebelumnya pada Juli lalu, Presiden Jokowi sempat menargetkan capaian herd immunity di Indonesia.


Ia menyampaikan target herd Immunity di Jawa Bali akan terjad di bulan Agustus 2021 ini. Salah satu caranya dengan mengencarkan vaksinasi bagi masyarakat.


"Jawa segera masuk ke herd immunity kita harapkan di bulan Agustus akhir, atau paling lambat pertengahan September," kata Presiden Jokowi, disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden pada 17 Juli 2021.


Di sisi lain Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan hal serupa dan menargetkan herd immunity tercapai di bulan September 2021.


"Herd immunity Jawa-Bali September. Jakarta sudah mendekati 75 persen. Jakarta saya kira bulan depan bisa, Bali sudah 80 persen," ujarnya pada 20 Juli 2021.


Ketidakkonsistenan yang disampaikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan dan target yang diharapkan Presiden Jokowi pun memicu respons Fadli Zon.


Melalui sebuah unggahan di Twitter, @fadlizon ia menilai jika Luhut dan Jokowi terlalu mudah membuat target imunitas komunal.


Fadli Zon menyayangkan kini Luhut Binsar Pandjaitan bahkan mengakui bila target yang pernah disampaikan sulit untuk diwujudkan.


"Terlalu mudah buat target herd immunity. P @jokowi target Agustus, LBP September. Sekarang bilang sulit terwujud. Yang mencla mencle buat komentar siapa?," tuturnya, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitter @fadlizon, yang diunggah 3 agustus 2021.


Source: Pikiran-Rakyat.com

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...