Headline

Opini

PADANG

Sports

Waspada ! Virus Varian Baru Akan Bermunculan

          Waspada ! Virus Varian Baru Akan Bermunculan
BENTENGSUMBAR.COM - Berhati-hatilah terhadap munculnya varian Covid-19 yang baru. Peringatan itu diungkapkan penasihat kesehatan pemerintah Amerika Serikat, Dr. Anthony Fauci.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Menurutnya, karena virus Corona secara langsung dapat bermutasi dengan sangat cepat. Bahkan, lanjutnya,  menyebar ke seluruh ruang lalu sangat memungkinkan memperlemah tingkat efektivitas vaksin.

Dr. Anthony Fauci menegaskan, ada satu kriteria yang berbahaya bagi seseorang apabila belum melakukan satu hal penting. Jika manusia belum divaksin, maka berkemungkinan besar varian baru akan menyerang orang dengan kriteria tersebut. 

“Ada prinsip yang diketahui semua orang dalam hal virologi yakni virus tidak akan bermutasi. Kecuali Anda mengizinkannya untuk bereplikasi. Untungnya bagi kami, vaksin cukup baik untuk melawan varian Delta, terutama dalam melindungi Anda dari gejala parah,” terang dr. Antony Fauci sebagaimana dikutip dari laman MSNBC. 

Menurut dr. Fauci, seseorang yang belum juga divaksin,  maka secara tak langsung memberikan virus kesempatan untuk terus berkembang dan membuat situasi yang ada semakin memburuk. 

“Anda mengarah ke situasi rentan bahwa kita mungkin mendapatkan varian yang lebih buruk, dan kemudian itu akan berdampak tidak hanya pada yang tidak divaksinasi,” tutur dr. Fauci.

“Maka akan berdampak pada yang divaksinasi karena varian itu dapat menghindari virus. perlindungan vaksin," ucapnya lebih lanjut.

Berdampingan

Hal yang sama pernah diucapkan oleh pakar virologi China, Shi Zhengli, yang mengatakan, seluruh manusia yang ada di dunia harus bisa menerima untuk hidup berdampingan dengan virus Corona. Terlebih virus tersebut akan terus berkembang dan bermutasi sesuai tingkat mutasi yang dimiliki.

"Kita tidak perlu panik, tapi kita perlu bersiap untuk berdampingan dengan virus dalam jangka waktu yang lama. Varian-varian baru akan terus muncul," kata Shi Zhengli. 

Akan tetapi kabar baiknya Shi Zhengli tetap memberitahu bahwa tingkat penyebaran virus Corona masih bisa diatasi semaksimal mungkin apabila seluruh manusia sudah mendapat suntikkan vaksin Covid-19 sebanyak dua dosis. 

Laporan: Reko Suroko
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...