AHY Klaim Masa Keemasan Indonesia Berada di Era SBY

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Umum (ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), berbicara mengenai masa keemasan Indonesia. Ia mengklaim Indonesia berada di masa kejayaan saat ayahnya, Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), memimpin.

"Founder sekaligus Executive Chairman dari World Economic Forum, Klaus Schwab, pernah mengatakan bahwa Indonesia mengalami masa keemasannya, dikatakan sebagai a golden decade of Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden SBY," kata AHY saat berpidato di HUT ke-20 Partai Demokrat, Kamis, 9 September 2021.

1. AHY klaim utang Indonesia berkurang di masa pemerintahan SBY

AHY mengatakan SBY adalah salah satu putra terbaik bangsa Indonesia. Selama 10 tahun SBY menjabat sebagai presiden, dia mengatakan Indonesia bisa menjaga stabilitas politik dan keamanan.

Di masa pemerintahan SBY, ia menambahkan, Indonesia mampu menurunkan rasio utang luar negeri.

"(SBY) berhasil melunasi utang IMF dan juga menurunkan rasio utang luar negeri terhadap PDB secara signifikan. Kita tahu berapa rasio utang kita hari ini terhadap PDB. Kemudian ekonomi kita tumbuh tinggi dengan rata-rata sekitar enam persen selama kurang lebih 10 tahun tadi," ujar AHY.

AHY mengingatkan pada 2008 perekonominan dunia mengalami krisis. Namun, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang saat itu dipimpin SBY menjadi yang tertinggi kedua setelah China.

2. AHY sebut pembangunan infrastruktur di era SBY berjalan baik

Selain itu, AHY mengatakan pembangunan infrastruktur Indonesia juga berjalan dengan baik di era SBY. Ketum Demokrat ini tidak merinci di mana saja pembangunan infrastruktur itu terjadi di masa pemerintahan SBY.

AHY hanya mengatakan pembangunan infrastruktur era SBY di berbagai wilayah memakai Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI).

"Tapi itu semua tanpa harus mengorbankan pembangunan manusia, terutama di sektor pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan rakyat. Ini penting untuk kita ingat kembali," ucapnya.

3. Pemerintahan era SBY diklaim mampu membuat Indonesia disegani negara lain

AHY lalu mengklaim SBY mampu menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di Indonesia. Untuk kehidupan berdemokrasi, AHY menjelaskan, pada era SBY kerukunan antarmasyarakat dapat terjaga dengan baik.

Indonesia pun, sambungnya, menjadi negara yang aktif berkontribusi dalam isu geo politik.

"Serta menjadi champions dalam permasalahan di dunia terkait global warming dan juga climate change. Ketika itu Indonesia dihormati, disegani negara-negara sahabat kita," kata AHY. (IDNTimes)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »