Headline

Opini

PADANG

Sports

AHY Mendadak Singgung Utang Negara yang Membengkak

          AHY Mendadak Singgung Utang Negara yang Membengkak

AHY Mendadak Singgung Utang Negara yang Membengkak
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyinggung utang negara yang semakin membengkak setelah pandemi covid-19, bahkan melampaui 40 persen utang pemerintah terhadap PDB.


“Utang negara juga terus membengkak hingga lebih dari 6.500 triliun rupiah, angka tersebut sudah melampaui 40 persen utang pemerintah terhadap PDB," katanya dalam diskusi DCSC perspectives, Selasa, 31 Agustus 2021.


Selain mengancam kesehatan publik, AHY menyoroti dampak pandemi terhadap perekonomian rakyat. Meski ekonomi tumbuh 7,07 persen pada kuartal kedua 2021, kondisi ini belum dirasakan langsung oleh rakyat.


"Ekonomi rakyat juga sangat tertekan, kontraksi terjadi selama empat kuartal berturut-turut, dari kuartal dua tahun 2020 sampai kuartal pertama tahun ini,” tuturnya. 


"Daya beli rakyat dan konsumsi rumah tangga juga masih lesu, angka pengangguran, kemiskinan, dan ketimpangan yang tinggi juga masih menjadi tantangan terbesar kita saat ini," ujar AHY.


AHY menambahkan sektor UMKM yang menjadi rumah bagi 90 persen tenaga kerja dan katup ekonomi nasional harus menjadi perhatian pemerintah.


“Mereka yang sangat terdampak akibat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat," imbuhnya. (GenPI)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...