Gerindra Tetap Usung Prabowo, Nasib Anies Bagaimana?

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Dewan Penasehat DPD Gerindra DKI Jakarta Muhammad Taufik tidak mempersoalkan deklarasi Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) yang mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden 2024.

Dilansir dari CNN Indonesia, Taufik mengatakan bahwa Gerindra tetap akan mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada 2024 mendatang.

"Enggak papa itu mah orang mau dukung, haknya orang, orang mau dukung-dukung. Kalau Gerindra tetap (mengusung) Pak Prabowo," kata Taufik saat ditemui awak media di Gedung Balaikota DKI Jakarta, Jumat, 22 Oktober 2021.

Menurut Taufik, partainya telah memutuskan Prabowo sebagai capres yang akan mereka usung pada 2024. Hal ini juga berangkat dari keinginan kader-kader Gerindra agar Prabowo kembali mencalonkan diri.

Ia mempersilakan Anies mengajukan diri sebagai presiden jika memang memiliki dukungan.

"Permintaan kader Gerindra supaya Pak Prabowo mencalonkan lagi. Insyaallah sejahtera. Insyaallah menang. Kalau Pak Anies jadi presiden ada yang dukung-dukung ya silakan," ujar Taufik.

Taufik juga tidak menutup kemungkinan Anies menjadi calon wakil presiden yang mendampingi Prabowo. Menurutnya, dalam politik tidak ada hal yang haram.

Menurutnya, dua kubu politik yang hari ini bermusuhan berbalik menjadi pasangan saat Pemilu.

"Ya boleh aja (Anies jadi Cawapres). Politik itu nggak ada haramnya, mau ini sekarang musuhan besok jadi wakilnya nggak ada haram-haramnya di politik. Karena besok nggak tahu kejadiannya seperti apa," tutur Taufik.

Sebelumnya, sejumlah relawan yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) resmi mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan agar msnjadi Presiden pada 2024.

"Kami anak muda dari berbagai komponen siap mendukung Anies Rasyid Baswedan [menjadi] Presiden 2024. Anies for presiden," kata Koordinator ANIES La Ode Basir di lokasi deklarasi.

Pada kesempatan tersebut, La Ode menyatakan akan keliling Indonesia untuk menggaungkan 'Anies for President'. Menurutnya, Anies bukan hanya milik warga Jakarta.

"Kami lanjutkan estafet pemerintahan yang sudah baik saat ini dan ke depan harus lebih baik," imbuhnya.

Diketahui, nama Anies terus menjajaki posisi teratas dalam bursa nama Capres 2024. Elektabilitas Anies kerap membayangi Prabowo Subianto dan bersaing dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Berdasarkan survei tim Litbang Kompas, misalnya, yang dilakukan pada 26 September-9 Oktober 2021, elektabilitasnya mencapai 9,6 persen. Posisi ini berada di urutan ketiga setelah Ganjar dan Prabowo dengan elektabilitas 13,9 persen. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »