PILIHAN REDAKSI

Laporan Ditolak Polda Banten, LQ Indonesia Lawfirm Ragukan Komitmen Kepolisian Tindak Oknum Polisi Smackdown Mahasiswa

BENTENGSUMBAR.COM - LQ Indonesia Lawfirm yang sejak 3 minggu lalu menjadi pelopor adanya modus Oknum POLRI terutama di Fismonde...

Iklan Bank Nagari

Ini Dia 7 Penghargaan Yang Pernah Diraih Puan Maharani

          Ini Dia 7 Penghargaan Yang Pernah Diraih Puan Maharani
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani ternyata pernah mendapat sederet penghargaan, bahkan sejak dia masih memimpin Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) periode 2014-2019. Ini dia sederet penghargaan yang disematkan kepada Puan:

Penghargaan dari TNI AU

Baru saja pada 5 Oktober 2021 lalu, Puan memperoleh Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI AU (Angkatan Udara). Penerbang ini diterima Puan setelah menjajal terbang atau joy flight dengan jet tempur TNI AU T-50i Golden Eagle yang dipiloti oleh Letkol (Pnb) Dharma T Gultom. 

Saat upacara penyematan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, pemberian Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI AU merupakan wujud penghargaan kepada pejabat tinggi negara atas jasa-jasa dan pengabdiannya untuk kemajuan TNI dan Polri.

Tanda hormat dari Presiden

Presiden Joko Widodo menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana kepada Puan atas jasa-jasanya sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan periode 2014-2019.

Untuk diketahui, syarat khusus penerima anugerah Bintang Mahaputera adalah berjasa luar biasa di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kemajuan, di antaranya kesejahteraan, dan kemakmuran bangsa dan negara; pengabdian dan pengorbanannya di bidang sosial, politik, ekonomi, hukum, budaya, ilmu pengetahuan, teknologi, dan lainnya.

Warga Kehormatan

Puan Maharani juga pernah dianugerahi sebagai Warga Kehormatan oleh setidaknya dua instansi, yakni Korps Brimob Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Penganugerahan Warga Kehormatan Korps Brimob Polri diberikan atas jasa-jasa Puan dalam memperhatikan dan berpartisipasi dalam mengembangkan Korps Brimob Polri.

Dalam Surat Keputusan Komandan Korps Brimob Polri yang ditandatangani Irjen Pol Anang Revandoko, tertulis Keputusan Komandan Korps Brimob Polri Nomor: Kep/131/XI/2020 tentang Penganugerahan Warga Kehormatan Korps Brimob Polri kepada Puan Maharani, Ketua DPR RI periode 2019-2024.

Puan pun kemudian diberikan baret, jaket, pin Brimob, dan piagam penghargaan sebagai Warga Kehormatan Utama Korps Brimob Polri.

Tak hanya itu, Puan Maharani juga pernah menerima penghargaan brevet warga kehormatan dari BIN pada Rabu 9 September 2020. Brevet itu diserahkan Kepala BIN Jenderal (Pol) Budi Gunawan kepada Puan Maharani

Medali Bintang Bhayangkara

Polri juga menyematkan penghargaan lain kepada Puan dengan memberikan medali Bintang Bhayangkara pada 7 Agustus 2018. Ketika itu, Puan menjadi salah satu dari tujuh orang warga yang mendapat medali penghargaan dari Polri.

Menurut Kapolri Jenderal yang saat itu dijabat oleh Tito Karnavian, Bintang Bhayangkara adalah bintang yang tertinggi, medali tertinggi di lingkungan Polri. Ini adalah dari Presiden atau usulan dari kepala kepolisian.

Anugerah gelar Doktor Kehormatan

Universitas Diponegoro juga memberikan anugerah gelar Doktor Kehormatan kepada Puan karena dinilai telah berkontribusi di bidang sosial, budaya, dan pembangunan manusia.

Pada 14 Februari 2020 lalu, Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama menjelaskan proses pemberian gelar mulai dari pengusulan hingga persetujuan. Puan diusulkan mendapat gelar Doktor HC pada bidang 'Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Nasional'. 

Usulan diajukan sejak Puan menjabat Menko PMK oleh DPP Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ilmu Budaya dan direkomendasi oleh beberapa pihak antara lain Muhadjir Effendy yang menjabat Mendikbud sebelum menjabat Menko PMK saat ini kemudian ada Mahfud M D dan FK Metra dan Mohammad Sobary.

Rekor MURI

Tak hanya dari instansi pemerintahan, Puan juga pernah mendapat penghargaan dari lembaga non-pemerintahan, salah satunya dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

MURI memberikan penghargaan kepada Puan sebagai perempuan pertama yang menjadi menteri koordinator di Indonesia dan menteri koordinator termuda (41 tahun).

Puan mengatakan, penghargaan yang diperolehnya dipersembahkan untuk perempuan-perempuan Indonesia. Penghargaan ini, kata Puan, harus menjadi tantangan bagi perempuan Indonesia untuk bisa berprestasi lebih banyak lagi demi kemajuan bangsa Indonesia ke depan.

Penghargaan dari Majalah Her Times

Ketika masih menjabat Menko PMK, Puan Maharani pernah menerima anugerah penghargaan Eminent Women of the Year 2019 dari Majalah Her Times. Anugerah penghargaan tersebut dalam acara The Third Women Empowerment Award di Singapura, pada 22 Juli 2019. 

Pemimpin Redaksi Majalah Her Times, Annie Song mengatakan, kontribusi Puan Maharani yang luar biasa dalam pemberdayaan perempuan patut menjadi contoh teladan bagi perempuan, terutama perempuan Indonesia dan Singapura.

Penghargaan tersebut diberikan kepada perempuan luar biasa yang memiliki inisiatif dan pelaku dalam pemberdayaan perempuan serta mampu menjadi panutan. Majalah Her Times merupakan majalah Tiongkok yang ada di Singapura.

Laporan: Mela
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...