Kereta Cepat Bengkak dari Rp68 T Jadi Rp113 T, Muslim Arbi: Tidakkah Ini Bentuk Tipu-tipu?

BENTENGSUMBAR.COM - Direktur Gerakan Perubahan Muslim Arbi menyoroti kasus kereta cepat Jakarta -Bandung yang anggarannya bengkak dari Rp68 triliun jadi Rp113 triliun.

Muslim juga menganggap sikap mencla-mencle kembali diperlihatkan Presiden Joko Widodo dalam menanggapi proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Di awal pembangunan, Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi mencatat bahwa Presiden Joko Widodo menolak jika pembiayaan anggaran proyek kereta cepat menggunakan APBN.

“Tahun 2016, publik ingat, pembangunan kereta api cepat tidak pakai APBN. Tapi kini, proyek yang yang semula Rp 68 triliun itu membengkak menjadi Rp 113 triliun, Jokowi izinkan pake APBN,” ujarnya, Ahad, 10 Oktober 2021, dilansir dari Pojoksatu.

Menurut perhitungannya, anggaran kereta cepat membengkak hingga Rp 26 triliun.

Menurut Muslim, keputusan Jokowi yang semula proyek kereta cepat dibiayai swasta, akan tetapi setelah membengkak dibebankan ke APBN, akan menimbulkan beban dan kekacauan keuangan negara.

“Gimana ceritanya skema pembiayaan proyek seperti ini,” jelasnya.

“Swasta tangani, mangkrak dan bengkak anggaran, lalu negara dibebani dengan APBN,” katanya.

“APBN dari mana? Keuangan negara cekak, utang numpuk. Kelihatan betul proyek ini asalan saja tanpa study dan perencanaan matang,” tegas Muslim.

Dengan demikian, dengan keputusan tersebut menurut Muslim Arbi, sebagai salah satu bentuk tipu-tipu dan ingkar janji Jokowi selama menjadi Presiden RI.

“Negara jadi beban. Bisa dikata ini proyek swasta. Tapi tipu APBN dan disetujui Jokowi,” jelasnya.

“Tidak kah ini bentuk tipu-tipu dan ingkar janji Jokowi bangun infrastruktur dan rusak APBN? Jangan salahkan aktivis yang anggap ini gaya tipu-tipu khas Jokowi,” tegas Muslim Arbi. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »