PILIHAN REDAKSI

Gugatan Syafrial Kani cs Ditolak PN Padang, Pengurus KAN Pauh IX Lega: Ini Demi Marwah Nagari

BENTENGSUMBAR.COM - Akhirnya Pengadilan Negeri Padang memutuskan menolak gugatan yang dilayangkan Syafrial Kani Datuk Rajo Jambi dan Zulhen...

Advertorial

Kitab Suci Islam Ditaruh di Lutut Patung Hindu, Massa Mengamuk

          Kitab Suci Islam Ditaruh di Lutut Patung Hindu, Massa Mengamuk
BENTENGSUMBAR.COM – Sebuah video yang memperlihatkan kitab suci umat Islam, Al-Quran ditaruh di atas lutut patung Dewa Hindu memicu kerusuhan massal di Bangladesh.

Video kitab suci Islam ditaruh di lutut patung Hindu tersebut dinilai muslim negara itu menistakan agama Islam, agama mayoritas di negara Asia Selatan tersebut.

Dalam video itu, Al-Quran ditaruh di atas lutut patung Dewa Hindu yakni Hanoman di sebuah kuil yang didirikan untuk festival suci Hindu Bangladesh.

Pada insiden kerusuhan tersebut, sejumlah 500 orang massa berkumpul di Kota Cumilla dan menyerang serta merusak ekitar 10 kuil dan tempat suci Hindu.

Mereka melemparkan batu dan menghancurkan patung-patung Dewa Hindu. Akibat insiden tersebut, empat orang umay Hindu tewas termasuk anggota senior komite Hindu yang ditikam.

Menyadur The Guardian lewat Hops, Minggu 17 Oktober 2021, sudah lebih dari 80 kuil khusus yang didirikan untuk festival suci Durga Puja diserang dan dirusak oleh umat Islam di Bangladesh. Sekitar 150 umat Hindu terluka.

“Insiden di Kota Cumilla sedang diselidiki secara menyeluruh. Tidak ada yang akan terhindar. Tidak peduli agama apa yang mereka anut, mereka akan diburu dan dihukum,” ujar Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina.

Sementara itu, Menteri Negara Urusan Agama Bangladesh Md Faridul Haque Khan mengatakan insiden yang dianggap sebagai penistaan Al-Quran itu akan diselidiki.

Ia menambahkan, kerukunan antar-umat harus dilindungi dan mendesak orang-orang agar tidak main-main dengan hukum.

Setelah insiden kerusuhan akibat kitab suci umat Islam ditaruh di lutut patung Hindu tersebut, Dewan Persatuan Hindu Bangladesh mengatakan bahwa mereka tidak dapat mempublikasikan apa yang telah terjadi selama 24 jam terakhir.

“Umat Hindu Bangladesh melihat wajah asli beberapa orang. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Tetapi umat Hindu Bangladesh tidak akan pernah melupakan Durga Puja pada tahun 2021,” ujarnya. (terkini)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...