PILIHAN REDAKSI

Gugatan Syafrial Kani cs Ditolak PN Padang, Pengurus KAN Pauh IX Lega: Ini Demi Marwah Nagari

BENTENGSUMBAR.COM - Akhirnya Pengadilan Negeri Padang memutuskan menolak gugatan yang dilayangkan Syafrial Kani Datuk Rajo Jambi dan Zulhen...

Advertorial

Perempuan Tangguh, Puan Maharani Pernah Naik Jet Hingga Kendarai Jetski Sendiri

          Perempuan Tangguh, Puan Maharani Pernah Naik Jet Hingga Kendarai Jetski Sendiri
BENTENGSUMBAR.COM - Bukan sembarang orang yang bisa menjajal pesawat tempur. Butuh skill atau tokoh penting negara yang bisa mencoba pesawat tersebut, seperti Ketua DPR RI Puan Maharani pada momen HUT Ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Puan mendapatkan kesempatan untuk terbang dengan menjajal naik jet tempur (joy flight) TNI AU T-50i Golden Eagle.

Dalam penerbangan, Puan duduk di kursi kopilot jet tempur T-50i Golden Eagle TNI AU yang dipiloti oleh Letkol (Pnb) Dharma T Gultom. Lepas landas dari Lanud Halim, Puan mengudara selama 30 menit pada ketinggian 10 ribu-20 ribu ribu kaki, dengan kecepatan sampai 750 km/jam.

Dharma yang merupakan Komandan Skadron Udara 15 Tempur ini menjelaskan, dia melakukan berbagai manuver bersama Puan di udara, seperti slow roll hingga fast roll.

“Pada ketinggian 10 ribu-15 ribu kaki, kami memberi kesempatan kepada Ibu Puan untuk dapat menghandling pesawat dan melaksanakan termin ke kanan termin ke kiri,” kata Dharma.

Saat maneuver, Dharma menjelaskan, Puan juga merasakan gaya gravitasi 4G atau daya tarik 4 kali dari berat tubuh. Pada kondisi ini, awak pesawat harus mengencangkan otot kaki dan perut.

“Pesawat tempur bisa mencapai 8G, Ibu Puan bisa sampai 4G,” imbuh Dharma.

Dharma memuji Puan yang tetap dalam kondisi baik-baik saja ketika mendarat. Hal ini mengingat manuver-manuver jet tempur kerap membuat awak pesawat muntah-muntah hingga pingsan.

“Kami bersyukur, Ibu Puan tetap sehat dan fit saat landing,” katanya.

Ia menambahkan, selama penerbangan, Puan sangat rileks dan  ngobrol santai dengannya serta bertanya banyak hal soal pesawat tempur. Usai mengudara, Puan mengucapkan terima kasih kepada TNI AU atas pengalaman penerbangan yang tak terlupakan dengan jet tempur tersebut.

“Terima kasih kepada TNI AU. Penerbang-penerbangnya profesional, tangguh dan cekatan. Saya merasakan sendiri,” demikian Puan.

Usai melakukan joy flight, putri Megawati Soekarnoputri itu mendapat Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI Angkatan Udara.

Upacara penyematan Wing Kehormatan  Penerbang Kelas I dipimpin langsung Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyematkan Brevet Wing Kehormatan Penerbang Kelas I kepada empat pejabat negara yaitu Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani,Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Upacara penyematan brevet kehormatan itu bertempat di Apron Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa, 5 Oktober 2021. 

Dalam keterangan resmi Puspen TNI, penganugerahan Brevet Wing Kehormatan Penerbang Kelas I dari TNI AU ini diberikan sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa dan kerja sama, serta dukungan yang diberikan selama ini dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara.

Penerimaan Brevet Wing Kehormatan Penerbang Kelas I ini tertuang dalam Keputusan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor Kep 321/IX/2021 tentang Pemberian Hak untuk Menerima dan Memakai Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI Angkatan Udara yang ditandatangani langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Sebelumnya, Puan juga pernah mencoba olahraga ekstrem di Manado yaitu naik Jetski. Hari kedua berada di Sulawesi Utara (Sulut) Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Dr. (H.C) Puan Maharani, S.I.Kom.

Untuk melihat pesona alam lebih dekat, Puan menggunakan jet ski yang disediakan. Ia ditemani Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Walikota Manado, Andrei Angouw saat menyisir kawasan tersebut.

Cuaca yang cerah menambah sensasi asri dan sejuk di lokasi. Pemandangan laut dan hutan bakau di sekelilingnya membawa kesan tersendiri bagi Puan, dan jajaran kepala daerah di Sulut yang ikut serta.

Ini merupakan salah satu agenda Puan, untuk meninjau kesiapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Minut. Terlebih khusus wisata pantainya.

Ia dikabarkan akan mengamati perkembangan Hutan Mangrove di Desa Munte, Kecamatan Likupang Barat. Puan juga akan mengunjungi beberapa tempat di wilayah yang sama, seperti Desa Serei dan Talise.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan (PMK) RI itu, diketahui akan menyalurkan bantuan di Desa Talise. Sebelumnya Puan sudah meresmikan salah satu objek wisata kuliner di Minut, yaitu Kolongan Village Culture Resto.

Dengan demikian, KEK Likupang menjadi destinasi terakhir dari Kunker Puan di Minut. Ia masih memiliki satu hari lagi untuk beraktivitas di Sulut.

Laporan: Mela
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...