PILIHAN REDAKSI

Laporan Ditolak Polda Banten, LQ Indonesia Lawfirm Ragukan Komitmen Kepolisian Tindak Oknum Polisi Smackdown Mahasiswa

BENTENGSUMBAR.COM - LQ Indonesia Lawfirm yang sejak 3 minggu lalu menjadi pelopor adanya modus Oknum POLRI terutama di Fismonde...

Iklan Bank Nagari

PON XX Bikin Anak Muda Papua Makin Kreatif, Puan: Bisa Pusat Pengembangan Startup

          PON XX Bikin Anak Muda Papua Makin Kreatif, Puan: Bisa Pusat Pengembangan Startup

PON XX Bikin Anak Muda Papua Makin Kreatif, Puan: Bisa Pusat Pengembangan Startup
BENTENGSUMBAR.COM - PON XX Papua penuh dengan semangat anak muda, dari para atletnya hingga para pengusaha muda. Pagelaran ini menjadi sangat penting sebagai salah satu momentum kebangkitan generasi muda.


Warganet pun turut menyambut PON XX di Papua dengan antusiasme yang tinggi. Tagar #TorangBisa sempat menggema di media sosial jelang pembukaan PON pada Sabtu, 2 Oktober kemarin. 


‘Torang Bisa!’ memang dipilih sebagai slogan  PON XX Papua. Arti torang bisa secara harfiah adalah 'kita bisa'. Kata torang adalah akronim dari 'kita orang'.


Frasa torang bisa merupakan kata-kata khas Papua yang diucapkan sebagai pemberi semangat juang. Dilansir dari laman Indonesia.go.id, 'Torang Bisa!' sengaja digunakan sebagai slogan untuk mengibarkan semangat juang para atlet.


Bahkan pada acara pembukaan PON XX Papua kemarin ditampilkan budaya Papua dari masa ke masa untuk diperlihatkan kepada dunia. Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda berharap penampilan tersebut menjadi semangat bagi anak muda di Indonesia, khususnya Papua.


Yunus pun mengaku bangga karena Papua sudah memiliki fasilitas latihan bagi para atlet dengan standar internasional. Dia berharap fasilitas yang dibangun pemerintah bisa dijaga dan digunakan dengan baik.


“Dulu anak-anak kita cari tempat latihan di luar Papua karena fasilitas olahraga kurang. Tapi hari ini seluruh fasilitas olahraga sudah siap, bahkan berstandar nasional. Mari kita bicara olahraga dan seni, karena Tuhan memberikan anugerah bagi tanah Papua,” kata dia.


Bangkitkan UMKM


Selain membangkitkan semangat olahraga para atlet Papua, perhelatan nasional ini juga berdampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat dan industri kreatif lokal, termasuk sektor UMKM yang banyak dilakoni anak muda Papua.


Simon Tabuni, Putra Asli Papua yang juga adalah seorang pelaku UMKM, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas penyelenggaraan PON XX di Tanah Papua, karena dirinya merasakan secara langsung dampak dari perhelatan olahraga berskala nasional ini.


"Saya sangat berterima kasih atas terselenggaranya PON di Papua. Sebagai anak muda dan pelaku UMKM, saya merasakan dampak positif dari perhelatan ini. Bagi pelaku UMKM khususnya, dari kegiatan ini kami para wirausaha diberikan kesempatan untuk menampilkan produk-produk kami sehingga dapat menjadi ajang promosi. Orang-orang dari luar datang dan melihat produk kami, sehingga produk kami juga terangkat," ungkap Simon.


Pasalnya, kedatangan pengunjung dalam rangka menyaksikan PON XX di Papua ini membuat bertambahnya jumlah pembeli produk UMKM. Pada venue PON XX di 3 kota yang berbeda memang tersedia area khusus  untuk para pelaku UMKM menampilkan dan menjual produk-produk mereka selama perhelatan PON.


Dorong kreativitas


Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam momentum PON XX 2021 juga kunjungan kerja selama tiga hari beberapa kali mengajak para kalangan muda Papua untuk terlibat aktif dalam memajukan dan mengembangkan Tanah Papua.


Saat membuka PON XX di Papua, Presiden menyebutkan bahwa prestasi anak muda Papua harus terus dipupuk dan dikembangkan. Melalui siaran Youtube Sekretariat Presiden pada Sabtu, 2 Oktober 2021 tersebut, Jokowi mendorong agar prestasi dari para atlet Papua harus diikuti oleh anak generasi muda di Papua.


Tak hanya itu, dia juga mendorong peningkatan kualitas di sektor kewirausahaan di Papua, salah satunya dengan meresmikan pembangunan Papua Youth Creative Hub di Tanah Papua. 


“Untuk mencetak wirausaha-wirausaha yang sukses yang bisa meningkatkan nilai tambah dari potensi-potensi yang ada di Papua,” ujar Presiden.


Dalam kesempatan sama turut hadir Ketua DPR RI Puan Maharani. Dia pun menekankan pentingnya peran anak muda untuk memajukan Papua. Puan berharap melalui Papua Youth Creative Hub atau Poros Kreasi Pemuda Papua itu daerah tersebut akan semakin maju. 


“Papua menjadi tempat lahirnya kemajuan, bukan hanya penerima hasil dari kemajuan,” ucap eks Menko PMK ini.


Papua Youth Creative Hub tersebut nantinya akan menjadi wadah yang memfasilitasi SDM unggul Papua dari berbagai lintas disiplin ilmu pengetahuan. Lebih dari itu, Puan juga mendukung wadah ini menjadi pusat pengembangan kreativitas dan bisnis startup di Papua. 


“Kita kickstart, memulai dengan cepat lahirnya startup-startup atau rintisan baru dari Papua yang menghadirkan kemajuan bagi Indonesia dan bahkan dunia,” kata perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR ini.


“Papua selain terkenal keindahan dan kekayaan alamnya, kami harapkan juga akan semakin terkenal dengan kemajuan kreativitas anak-anak mudanya dengan adanya Papua Youth Creative Hub ini, maka ekosistem kreativitas pemuda Papua harus terus dibangun dan dibina,” lanjut Puan.


Laporan: Mela

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...