PILIHAN REDAKSI

Ali Imron Pernah Minta Izin Ngebom Rumah Amien Rais, Denny Siregar: Harusnya Waktu Itu Jangan Ditangkap Dulu

BENTENGSUMBAR.COM – Pegiat media sosial Denny Siregar angkat bicara mengenai pengakuan pelaku Bom Bali 1. Pasalnya, Ali Imron d...

Iklan Bank Nagari

Puan Maharani Dukung Perempuan di Usia Berapa pun Terus Semangat Berkiprah dan Berkarya

          Puan Maharani Dukung Perempuan di Usia Berapa pun Terus Semangat Berkiprah dan Berkarya
Puan Maharani Dukung Perempuan di Usia Berapa pun Terus Semangat Berkiprah dan Berkarya.
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua DPR RI Dr. (H. C.) Puan Maharani memberikan dukungannya bagi perempuan-perempuan berusia emas atau di atas 50 tahun untuk tetap semangat dalam berkarya dan memberikan sumbangsih terbaik untuk bangsa, keluarga, serta pribadinya. Puan memandang bahwa usia bukanlah hambatan dalam menciptakan inovasi membanggakan.

"Saya percaya bahwa perempuan itu semakin dewasa semakin matang pula emosi dan pemikirannya. Pertambahan usia bukan halangan untuk mencapai keberhasilan. Justru harus kita rayakan dengan karya, apa pun bentuknya," ujar Puan dalam rilis tertulisnya pada momen Hari Lansia Sedunia.

Puan yang awal September lalu baru saja merayakan ulang tahun ke-48 menceritakan kisah dirinya yang semakin punya kemauan dan menggelorakan semangat untuk berkarya. "Buat saya sendiri, tidak ada yang namanya batasan usia dalam menciptakan yang terbaik bagi bangsa," ujar Puan.

Logika tersebut, lanjut Puan, juga sepatutnya dimiliki oleh seluruh perempuan di usia dewasanya. Menurutnya, semua bisa dimulai dari pemikiran positif bahwa masih banyak peluang dan kesempatan yang bisa diraih oleh perempuan di usia berapa pun.

Puan memandang bahwa memang sangat banyak stigma yang mengecilkan peran perempuan di usia lanjut. Kebanyakan perempuan pun terjebak pada mindset untuk menghentikan langkah dan menempatkan posisi hanya pada posisi domestik.

Padahal, menurut Puan, tidak ada kata terlambat selama ada kemauan untuk tetap berusaha. "Kemauan berkarya itu tentang passion, atau semangat dan kemauan yang ada dalam diri kita sendiri," tutur Alumnus UI itu.

"Stigma bahwa perempuan di usia dewasanya tidak bisa mendobrak batasan-batasan yang dimilikinya memang ada, tetapi kita sendiri sebagai harus memiliki kepercayaan bahwa kita bisa," kata Puan.

Puan kemudian melanjutkan bahwa banyak sekali contoh-contoh perempuan yang justru meraih keberhasilan di usia senja. Puan memberikan contoh ibundanya Megawati Soekarnoputri yang hingga kini masih semangat dalam memberikan sumbangsih pada bangsa.

Puan banyak belajar dari sang ibu tentang perjuangan, bahkan sejak muda. Hingga kini, ibunya aktif mengisi berbagai acara dan masih mengedepankan urusan kebangsaan. “Saya sangat merasa bersyukur bisa banyak belajar dari ibu saya tentang semangat berkarya. Ibu saya adalah inspirasi saya untuk terus berjuang bagi bangsa,” ujar Puan.

Menurutnya, semangat itulah yang membawanya hingga kini pantang menyerah menjalani perannya dalam berkarier. Puan selalu memfokuskan perjuangannya pada kemajuan bangsa. Pasalnya, sesuai dengan kiprahnya sebagai Ketua DPR, Puan bertugas untuk mendengarkan suara rakyat dan membawa kebijakan berpihak rakyat.

Hal tersebut sama dengan berbagai profesi atau jalan perjuangan apa pun yang dipilih perempuan. Semuanya harus dilakukan dalam semangat dan rasa pantang menyerah. Karena, ketika dalam pemikiran seseorang telah memutuskan untuk menyerah, maka seluruh usahanya pun mengikuti isi pikiran itu.

“Perempuan itu punya kelebihan multitasking, kita juga punya karakter teliti, maka jangan heran kalau kita bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu. Berperan sebagai ibu, rekan kerja, kakak, adik, teman, dan keluarga. Semua bisa dilakukan oleh perempuan dan terus bisa dilanjutkan dalam tahapan usia berapa pun itu,” kata mantan Menko PMK itu.

Maka dari itu, Puan meminta perempuan Indonesia untuk terus menyalakan gelora semangatnya untuk terus berjuang. Kebanggaan itu untuk diri mereka sendiri dan ketika bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Sekali lagi Puan mengingatkan bahwa pertambahan usia sepatutnya dipahami dengan pertambahan kedewasaan dalam pemikiran. Dari sana, kita bisa menentukan jalan untuk terus maju dan berkarya.

“Saya ingin seluruh perempuan memahami bahwa mereka bisa, mereka punya kekuatan dan menciptakan peluang untuk dirinya sendiri, pada usia berapa pun itu. asalkan , kita selalu punya semangat untuk maju,” ujar Puan.

Laporan: Mela
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...