PILIHAN REDAKSI

Laporan Ditolak Polda Banten, LQ Indonesia Lawfirm Ragukan Komitmen Kepolisian Tindak Oknum Polisi Smackdown Mahasiswa

BENTENGSUMBAR.COM - LQ Indonesia Lawfirm yang sejak 3 minggu lalu menjadi pelopor adanya modus Oknum POLRI terutama di Fismonde...

Iklan Bank Nagari

Puan Maharani Perhatikan Skema Pembangunan Masa Depan untuk Ruang Tinggal yang Berkelanjutan

          Puan Maharani Perhatikan Skema Pembangunan Masa Depan untuk Ruang Tinggal yang Berkelanjutan
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani memberikan perhatiannya penertiban tata ruang untuk kehidupan bermasyarakat yang lebih baik. Hal itu Puan sampaikan terkait dengan diperingatinya Hari Tata Ruang Nasional setiap 8 November.

"Tata ruang yang tertib akan membuat kehidupan kita menjadi lebih baik karena ruang tempat tinggal kita tetap sama, tetapi populasi terus bertambah. Untuk itu, demi kenyamanan bersama, kita bentuk ketertiban tata ruang untuk kenyamanan bersama yang bisa dinikmati dalam jangka panjang," kata Puan dalam keterangan tertulisnya.

Puan memandang bahwa pemanfaatan tata ruang ditertibkan agar dapat terus menjadi tempat tinggal seluruh makhluk hidup yang sama-sama nyaman sehingga tidak saling mengganggu satu sama lain. Pasalnya, kita harus memahami bahwa kita juga tinggal berdampingan dengan flora dan fauna yang harus dijaga kehidupannya.

Bagaimana pun, keselarasan alam terletak pada keseimbangan kehidupan seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi. Semuanya saling berkesinambungan mengisi kebutuhan satu sama lain.

Penertiban tata kota ini juga mengingat bahwa populasi Indonesia terus bertambah setiap tahunnya. Jangan sampai generasi di masa mendatang tidak memiliki tempat tinggal yang layak untuk kehidupan mereka.

"Ketertiban tata ruang juga sangat berpengaruh bagi anak cucu kita. Jangan sampai kita membangun tanpa pertimbangan jangka panjang dan mereka nantinya malah tidak memiliki ruang tinggal yang nyaman dan berdampak pada hidupnya secara keseluruhan," ujar mantan Menko PMK itu.

Puan menyampaikan bahwa rencana tata ruang yang meliputi Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Provinsi/Kabupaten dan Rencana Detail Tata Ruang yang berperan sebagai alat operasionalisasi pembangunan harus benar-benar diterapkan. Pedoman itu membuat pembangunan lebih efektif dan efisien.

Pedoman pembangunan tersebut juga harus sesuai dengan Undang-undang yang berlaku dan menjadi patokan untuk seluruh wilayah di Indonesia. "Ini adalah komitmen kita utnuk mewujudkan tata ruang Indonesia yang nyaman, aman, dan berkelanjutan bagi seluruh masyarakat tanpa mengenal status dan latar belakang. Semua memiliki hak tinggal yang sama," kata Puan.

Puan melanjutkan bahwa tata ruang itu juga penting untuk merencanakan ruang hijau sebagai paru-paru kehidupan. Indonesia sendiri sudah ambil komitmen menjadi bagian dari dunia global untuk menjaga iklim dunia.

“Kita punya komitmen untuk menjaga iklim dunia secara global. Maka langkah penting ini harus menjadi bagian dari pembangunan jangka panjang kita,” ujar Puan.

Puan meminta untuk kompak dalam melakukan pembangunan yang berkelanjutan dan menertibkan tata ruang di Tanah Air. Semua pemangku kepentingan antarwilayah, sektor, serta peran masyarakat harus disatupadukan untuk mencapai tujuan yang sama.

“Kita rencanakan masa depan yang pasti demi kehidupan generasi mendatang mendapatkan kenyamanan yang sama atau bahkan lebih dari kita saat ini,” ujar Puan.

Laporan: Mela
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...