PILIHAN REDAKSI

Ilmuwan Kaget Saat Nabi Muhammad Ungkap Sendi Manusia Berjumlah 360

BENTENGSUMBAR.COM - Pengetahun Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam yang mengungkap jumlah sendi manusia sebanyak 360...

Advertorial

Said Aqil Siradj Tertawakan Gus Miftah: Ulama Bukan sih?

          Said Aqil Siradj Tertawakan Gus Miftah: Ulama Bukan sih?
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj duduk bersama dengan Gus Miftah dalam acara peringatan Hari Santri Nasional yang ditayangkan kanal Youtube NU Channel pada 21 Oktober 2021.

Dalam pidatonya, Said Aqil Siradj membahas soal modal sosial yang dimiliki santri dan ulama, yang merupakan salah satu kekayaan yang mesti dijaga.

"Bagaimana masyarakat kita sangat bergantung kepada kiai. Dari sejak nikah, panggil kiai. Selametan hamil, kiai. Lahir, kiai. Sunat, kiai. Nikah, kiai. Mati, kiai. Luar biasa itu," kata Said Aqil Siradj.

Menurut Said Aqil Siradj, kekayaan itu harus dijaga betul-betul oleh para santri karena bakal banyak orang yang iri.

"Orang yang tidak senang kepada kita pasti iri. 'Kiai gak ada apa-apanya, kok, diikuti?' Ini orang yang tidak senang dengan kita pasti iri dan berusaha bagaimana membenturkan masyarakat dengan kiai," kata Said Aqil Siradj.

Said Aqil Siradj kemudian memberi contoh salah satu kehebatan kiai dengan menyinggung Gus Miftah sambil berseloroh.

"Coba kalau haflah NU, atau Gus Miftah ceramah, hadirin (yang datang) puluhan ribu. Apa dijemputin? Apa dikasih amplop? Enggak, datang sendiri," kata Said Aqil Siradj.

"Itu saking cintanya kepada Gus Miftah. Padahal, ulama bukan, sih?" kata Said Aqil Siradj sambil menertawakan Gus Miftah. Gus Miftah ikut tertawa karenanya.

Di sisi lain, dalam peringatan Hari Santri Nasional kali ini, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut mengajak para santri menumbuhkan kembali semangat Resolusi Jihad yang digaungkan K.H. Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945.

Semangat Resolusi Jihad santri itu ingin dihidupkan lagi oleh Gus Yaqut saat ini dengan musuh yang sudah berbeda yakni pandemi Covid-19.

"Sebagai santri, mari resolusi diri kita untuk bisa bersama dengan pemerintah berjihad menghadapi pandemi dan terus memajukan negeri," kata Gus Yaqut. (PikiranRakyat)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...