PILIHAN REDAKSI

Ali Imron Pernah Minta Izin Ngebom Rumah Amien Rais, Denny Siregar: Harusnya Waktu Itu Jangan Ditangkap Dulu

BENTENGSUMBAR.COM – Pegiat media sosial Denny Siregar angkat bicara mengenai pengakuan pelaku Bom Bali 1. Pasalnya, Ali Imron d...

Iklan Bank Nagari

Tak Melulu Bersama Jokowi, Puan Juga Punya Agenda Sendiri untuk Menyapa Rakyat

          Tak Melulu Bersama Jokowi, Puan Juga Punya Agenda Sendiri untuk Menyapa Rakyat
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani dinilai sedang gwtol bareng Presiden RI Joko Widodo. Banyak yang beranggapan bahwa kedekatan itu untuk mendompleng nama Puan di kancah pemilihan Presiden periode 2024.

Hal itu bisa dilihat saat Puan Maharani ikut mendampingi Jokowi saat pembukaan PON XX di Papua.

Namun, kalau dilihat dekat Puan gak selalu bersama Jokowi ketika ada kunjungan atau menyapa masyarakat.

Misalnya saat Ketua DPR RI DR (H.C) Puan Maharani bersama rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Sulawesi Utara (Sulut), selama beberapa hari.

"Selain di Kota Manado, Ketua DPR RI juga akan melakukan kunjungan kerja ke sejumlah wilayah di Kabupaten Minahasa Utara," kata Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Komunikasi Publik Victor Rarung, di Manado.

Selain itu, Puan Maharani juga melakukan kunjungan kerja ke Solo, Jawa Tengah. Dalam Kunjungan itu, Puan meninjau pasar dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, serta menyerahkan bantuan untuk masyarakat dan pendukung pertanian bersama Walikota Solo, Gibran Rakabuming.

Lokasi pertama yang dikunjungi Puan dan Gibran adalah Pasar Legi. Di sana, dia berdialog dengan warga dan melihat langsung aktivitas dan perekonomian rakyat pada masa pandemi di lokasi tersebut.

Setelah dari Pasar Legi, Puan menuju Balai Kota Solo untuk meninjau proses vaksinasi Covid-19. Seusai meninjau pelaksanaan vaksinasi, Puan akan menyerahkan bantuan untuk masyarakat dan petani, yang dihadiri Wali Kota Solo, dan diikuti secara virtual oleh Bupati Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo.

Tak hanya itu, Puan juga datang ke Tangerang tanpa Jokowi. Saat itu, Puan Maharani memuji penanganan Covid-19 yang dilakukan Pemprov Banten yang berhasil menurunkan angka Covid-19.

Bahkan Puan Maharani meninjau vaksinasi door to door bersama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan yang diselenggarakan oleh BIN di RW 11, Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Selain berbincang akrab dengan warga, tak lupa Puan pun membagikan buku dan alat tulis untuk anak-anak yang berada di lingkungan lokasi vaksinasi tersebut. Puan juga mendatangi rumah-rumah warga yang menjalani vaksinasi. “Anaknya sudah semua divaksin? Bapak, ibunya semua yang di rumah juga sudah? Pokoknya ajak semua, om dan tantenya, semua divaksin supaya sehat,” ujar Puan.

Permukiman warga yang didatangi Puan berada di pinggiran Setu. Daerah tersebut menjadi sentra UMKM kerupuk sehingga Puan sekaligus ikut melihat proses pembuatannya.

Kepada salah seorang pemilik usaha kerupuk bernama Ilyas, Puan bertanya bisnis penjualan kerupuk yang biasanya didistribusikan ke pasar-pasar. Mengingat banyak UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. “Masih laku bu, ini saya usaha sudah turun temurun,” kata Ilyas. “Alhamdulillah ya masih laku. Sehat-sehat terus ya pak,”  Puan memberi semangat.

Selain itu, memantau pelaksanaan vaksinasi di permukiman padat penduduk di Jakarta Barat. Kali ini Puan mengunjungi vaksinasi bagi 1.000 warga Tegal Alur, Kalideres. Dalam kunjungannya, Puan memantau mulai dari antrean calon penerima vaksin, ruang screening, sampai ke ruang penyuntikan yang memakai ruang-ruang kelas SMKN 72 Jakarta.

Puan sengaja memilih permukiman padat penduduk untuk mengawasi langsung vaksinasi dan penanganan Covid-19 di wilayah tersebut. 

“Saya datang ke permukiman padat penduduk karena di sinilah persoalannya. Kalau (permukiman) tidak padat lebih mudah mengaturnya, tapi kalau padat lebih susah, tapi kita memang harus bersusah payah demi Jakarta, demi Indonesia keluar dari pandemi Covid-19,” kata Puan.

Dalam kesempatan ini, mantan Menko PMK ini juga berdialog dengan Lurah Tegal Alur, Camat Kalideres, dan Wali Kota Jakarta Barat tentang vaksinasi dan penanganan Covid-19 di wilayah pemukiman penduduk tersebut. 

Kepada Lurah Tegal Alur Suratman, Puan menanyakan bagaimana proses vaksinasi bagi warga yang memiliki keterbatasan, seperti kelompok lansia dan penyandang disabilitas.

Terakhir Puan juga datang tanpa Jokowi di vaksinasi di Penjaringan.

Puan sampai ke lokasi sekitar pukul 9.55 Wib dengan kendaraan dinas, cucu dari proklamator itu menggunakan rompi berwarna merah marun dengan tulisan 'Vaksin Aman Masyarakat Sehat'.

Uniknya, Puan tidak menggunakan pakaian dinas. Dia lebih santai menggunakan kaos panjang berwarna hitam dengan bawahan hitam. Selain itu, Puan terlihat menggunakan sepatu running dengan rambut yang dicepol.

Dalam kunjunganya ini, Puan menyapa para panitia vaksinasi dengan berbincang.

Laporan: Mela
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...