PILIHAN REDAKSI

Ilmuwan Kaget Saat Nabi Muhammad Ungkap Sendi Manusia Berjumlah 360

BENTENGSUMBAR.COM - Pengetahun Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam yang mengungkap jumlah sendi manusia sebanyak 360...

Advertorial

Air Terjun Bayang Sani sebagai Tujuan Wisata Alam Bersama Keluarga

          Air Terjun Bayang Sani sebagai Tujuan Wisata Alam Bersama Keluarga
INDONESIA merupakan negara kepulauan yang besar dan luas di Asia Tenggara. Negara yang memiliki iklim tropis ini memiliki banyak lautan, pantai, hutan, gunung, dan sawah.

Indonesia sebagai negara yang memiliki keberagaman menjadikan potensi alam sebagai sektor pariwisata. Salah satu provinsi di Indonesia dengan sektor pariwisata alam yang sangat baik yaitu provinsi Sumatera Barat. 

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi terbesar di Indonesia. Dikelilingi oleh Bukit Barisan dan lautan, provinsi ini menjadi salah satu daerah potensi naiknya sektor pariwisata.

Sumatera Barat membuktikan keindahan alamnya dengan menjadikan salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat sebagai kabupaten yang dikenal dengan “Negeri Sejuta Pesona” yaitu Kabupaten Pesisir Selatan. 

Kabupaten Pesisir Selatan merupakan kabupaten yang dibentangi oleh lautan dan Bukit Barisan. Sebagai perbukitan yang membentang mengelilingi Pulau Sumatera, Bukit Barisan menyimpan banyak kekayaan alam. Kekayaan alam yang tersimpan di dalam Bukit Barisan salah satunya yaitu Air Terjun Bayang Sani.

Bayang Sani merupakan nama dari air terjun dan kolam pemandian yang terletak di Nagari Koto Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. 

Jika wisatawan dari Kota Padang maka membutuhkan waktu kurang lebih dua jam untuk sampai ke lokasi wisata Air Terjun Bayang Sani. Lokasi Air Terjun ini sudah dapat dilihat melalui Google Maps. 

Air Terjun Bayang Sani merupakan salah satu ikon pariwisata keindahan alam dari Kabupaten Pesisir Selatan. Air Terjun Bayang Sani menyimpan berbagai keindahan alam dan hal-hal menarik di dalamnya. 

Salah satu fakta menarik yang diketahui banyak orang yaitu, Bayang Sani merupakan air terjun yang memiliki tujuh tingkatan di atasnya.

Tujuh tingkat ini berarti ada enam tingkat lagi yang berada di atas Air Terjun dan kolam dasar. Kolam dasar dan air terjun tingkat pertama berada tepat setelah pintu masuk dan tempat membayar karcis. 

Keindahan alam Air terjun Bayang Sani bahkan terlihat sebelum pengunjung memasuki objek kawasan wisata Bayang Sani, pengunjung  akan dimanjakan dengan tampaknya air terjun yang berada pada tingkat tiga dengan air bersih yang mengalir deras dari kejauhan. Air bersih dari air terjun ini menjadi salah satu sumber mata air yang mengaliri Kecamatan Bayang.

Keindahan alam yang disuguhkan air terjun ini dapat dilihat dari bebatuan yang seperti terukir, terdapat sebuah gua yang seakan secara alami menjadi latar belakang air terjun Bayang Sani. Air terjun secara deras menuruni bebatuan yang terukir secara alami.

Keindahan alam dari Air Terjun Bayang Sani terlihat dengan keadaan alam dari wisata ini yang sangat terjaga.

Hutan-hutan hijau mengelilingi pemandangan dari Air Terjun Bayang Sani. Meski merupakan air terjun tujuh tingkat, tidak semua tingkatan dibuka untuk wisatawan dikarenakan medan mendaki yang cukup berbahaya.

Biasanya wisatawan hanya berada tingkat pertama atau tingkat dasar sebagai tempat menikmati alam dan pemandian. Daya tarik yang mulai tersebar secara online juga menyebutkan bahwa Air Terjun Bayang Sani dahulunya merupakan kolam pemandian bagi Noni-noni Belanda.

Cerita-cerita tersebut menjadi cerita dan sejarah lisan yang merambat ke internet.

Air Terjun Bayang Sani sebagai objek wisata alam yang terkenal di Kabupaten Pesisir Selatan tidak memerlukan biaya yang besar untuk mengunjungi air terjun ini. 

Untuk memasuki kawasan wisata Bayang Sani, pengunjung hanya dikenakan biaya sekitar Rp. 5000,- (Lima Ribu Rupiah) per orang dan pengunjung dapat merasakan keindahan alam dan pemandian air terjun ini sepuasnya. 

Sebagai objek pariwisata, Air Terjun Bayang Sani memiliki berbagai fasilitas yang mendukung wisatawan untuk menikmati keindahan alam dari air terjun ini. 

Fasilitas yang dimiliki oleh objek wisata ini yaitu toilet dan lahan parkir. Fasilitas toilet yang memadai sangat diperlukan guna wisatawan yang akan mengganti baju setelah berenang di kolam Air Terjun Bayang Sani. 

Lahan Parkir yang luas tidak hanya dapat digunakan oleh kendaraan roda dua, namun lokasi wisata Air Terjun Bayang Sani juga memadai untuk mobil dan bus. Pengunjung tidak perlu lagi khawatir apabila menjadikan Bayang Sani sebagai tempat berwisata untuk keluarga dan kerabat.

Ditulis Oleh: Rani Aulia, Mahasiswa Sastra Minangkabau, Universitas Andalas.
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...